Warga Yogyakarta Hadiri Kenduri Ageng



Sebarkan :


Views: 26

Yogyakarta- Kenduri Ageng memperingati mangayubagyo pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2017-2022 digelar di Bangsal Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Jumat (20/10/2017).

Dalam acara kenduri ini, Gubernur DIY Sultan HB X didampingi istrinya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, serta Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam X didampingi istrinya, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB itu diawali dengan doa berama yang dipimpin oleh Mas Riyo Haji Ngabdul Juwari dari Kraton Yogyakarta. Kemudian dilakukan pemotongan tumpeng "Sangga Buwana" oleh Sultan HB X.

Untuk mengungkapkan rasa syukur, dalam kenduri ageng ini disimbolkan melalui 10 tumpeng yang terdiri dari lima macam tumpeng yaitu Tumpeng Sangga Buwana, Tumpeng Kendhit, Tumpeng Robyong, Tumpeng Urubing Damar dan Tumpeng Punar yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

Setelah pemotongan tumpeng satu per satu warga yang datang antre bersalaman secara tertib dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Usai bersalaman, mereka yang datang kemudian dipersilakan menikmati hidangan yang telah disediakan, di antaranya empal gentong, bakso sapi, nasi merah, es dawet, serta menu lainnya.

GKR Hemas mengatakan bahwa masyarakat yang hadir dalam Kenduri Ageng ini mengucapkan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Menurutnya banyak harapan dari masyarakat untuk lima tahun kedepan.

"Harapan masyarakat tentunya beliau (Gubernur dan Wakil Gubernur) harus lebih banyak memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, itu tadi ucapan masyarakat, tadi kelihatan banyak sekali harapan," ujarnya.

GKR Hemas berharap apa yang menjadi program lima tahun ke depan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY serta Pemda DIY bisa berjalan implementasinya.

Tags: