UPNVYK, Kampus Pertama di Yogyakarta yang Luncurkan Prodi Humas



Sebarkan :


Views: 25

Sleman- UPN “Veteran” Yogyakarta menjadi satu-satunya kampus di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki program studi Hubungan Masyarakat (Humas). Launching Prodi Humas di lakukan di ruang Seminar FISIP kampus II UPNVYK Babarsari, yang diresmikan langsung oleh Wakil Rektor 1 Dr M. Irhas Effendi disaksikan oleh seluruh civitas akademika dan para undangan, Kamis (03/05/2018).

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Dr Subhan Afifi, mengatakan kehadiran prodi humas telah digadang-gadang sejak 2 tahun lalu dan menjadi bagian dari program kerjanya.

“Selama ini, humas menjadi salah satu konsentrasi di Prodi Ilmu Komunikasi disamping broadcast, jurnalisme dan advertising. Humas selalu menjadi bidang yang paling diminati mahasiswa, sehingga pilihan untuk menjadikan humas sebagai prodi tersendiri adalah langkah yang tepat dan strategis,” paparnya.

Launching Prodi Humas yang dibalut dalam sebuah talkshow kehumasan ini sekaligus sebagai upaya untuk memperkenalkan keberadaan prodi baru tersebut.

Koordinator Program Studi Humas, Sigit Tripambudi, M.Si menambahkan pihaknya juga komitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya mumpuni di bidang analisa. Namun juga teknis komunikasi dan manajerial.

Keberadaan program studi ini sekaligus menjadi jawaban atas kebutuhan dunia humas yang semakin kompleks. Hal ini sesuai dengan visi program studi Humas. Yakni, menjadi prodi yang profesional dan berbasis riset serta teknologi informasi.

Praktisi humas kedepannya, menurut Sigit, memiliki banyak tantangan salah satunya adalah bagaimana merespon era keterbukaan informasi.

“Inilah tantangan kami untuk mencetak petugas humas yang tanggap sekaligus punya wawasan. Tidak hanya berperan sebagai juru bicara tapi juga seorang adviser dan konsultan,” terangnya.

Tags: