​UNS Siap Jadi Kampus PTNBH



Sebarkan :


Views: 16

Solo- Rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS berharap 2018 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sudah bestarus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Hal itu disampaikan usai mengukuhkan Dr Slamet Subiyantoro sebagai Guru Besar FKIP di auditorium kampus Kentingan Solo, Kamis (9/11/2017).

Menurut Prof. Ravik, apabila UNS telah berstatus PTNBH dan menghasilkan uang dari badan layanan usaha (BLU) yang telah terbentuk, UNS akan semakin mandiri menggali sumber-sumber dana dan makin leluasa membiayai kegiatan akademik. Sedangkan dana dari anggaran negara akan tetap diterima UNS setiap tahun, namun dalam bentuk block grant.

"Setelah UNS berbentuk PTNBH, dalam menggali sumber dana dari pihak ketiga tidak perlu dengan tandatangan menteri, tetapi cukup tandatangan rektor. Prosedur ini akan memberi keleluasaan bagi UNS untuk menggali sumber pembiayaan kegiatan akademis," jelasnya.

Prof. Ravik menambahkan, setelah UNS berstatus PTNBH tidak akan menjadikan beban biaya pendidikan di UNS menjadi mahal, sebaliknya harus semakin murah. Alasannya, biaya pendidikan perguruan tinggi berupa uang kuliah tunggal (UKT) merupakan keputusan Kemenristek Dikti dan bukan kewenangan rektor yang menentukan besarannya. Dia menegaskan, status PTNBH lebih terkait dengan keleluasaan menggali sumber dana dan pembiayaan kegiatan akademik.

Dua hari yang lalu, Prof. Ravik bertemu dengan pimpinan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) untuk membahas proses peningkatan status BLU ke PTNBH karena kedua Universitas tersebut telah berstatus PTNBH.

Ditanya kekurangan yang masih perlu dikejar dalam menuju PTNBH, Prof Ravik mengatakan masih kurangnya karya akademik yang menghasilkan revenue generating. Jadi UNS masih harus mendorong lahirnya karya akademik yang bisa menghasilkan pendaatan. Dicontohkan pembuatan pewarna alami yang diantaranya sudah dipakai untuk batik.

"Semakin banyak karya dosen yang menghasilkan pendapatan semakin baik. Hal itu juga harus diikuti adanya kerjasama dengan berbagai pihak," kata Prof Ravik yang didampingi Dr M Jamin, Wakil Rektor II yang menjadi ketua tim PTNBH. Semakin banyaknya pendapatan yang masuk bisa menekan biaya pendidikan di UNS.

Tags: