​ Unik, TPS di Magelang Bernuansa Piala Dunia



Sebarkan :


Views: 84

Magelang- Berbagai cara dilakukan panitia pemilihan untuk menarik masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018.

Salah satunya di TPS 9 Tegalrejo, Kabupaten Magelang yang memanfaatkan momen sepak bola Piala Dunia.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 9 Tegalrejo, Rosidi mengatakan, pihaknya sengaja mengangkat tema piala dunia karena bersamaan dengan momen kegiatan tersebut.

"Selain unik, tema piala dunia ini juga kami harapkan tidak membuat masyarakat tegang selama pencoblosan," kata Rosidi.

Meski berbeda, namun pihak KPPS meyakinkan bahwa tema yang diangkat tersebut tidak melanggar juknik dan juklak dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Para petugas yang berjaga di TPS tersebut masih tetap rapi dengan memakai kostum sepakbola timnas yang menjadi peserta Piala Dunia. Seperti Spanyol, Meksiko, Brazil. Adapula hiasan berupa bola sepak yang menggantung di bagian atap.

Dikatakan Rosid, untuk kaos sepak bola yang dikenakan petugas merupakan milik pribadi masing-masing. Sementara hiasannya sudah dianggarkan dengan menghabiskan dana tak lebih dari Rp 100 ribu. "Ada 160 pemilih yang melakukan pemungutan di sini," ucapnya.

Salah satu pemilih, KH Yusuf Chudlori, atau yang lebih akrab dipanggil Gus Yusuftang merupakan Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah, dan juga yang merupakan ulama serta pengasuh di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Kabupaten Magelang, mengatakan cukup mengapresiasi dengan upaya dari petugas untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya.

"TPSnya bagus, berbeda dari yang lain dan kreatif. Saya apresiasi, dan semoga tidak mengurangi kekhidmatan pesta demokrasi," ujar Gus Yusuf, Rabu (27/6/2018).

Tags: