Uji Operasi LRT Akan Dilakukan Pekan Depan



Sebarkan :


Views: 16

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana melaksanakan uji operasional kereta Light Rail Transit (LRT) selama perhelatan Asian Games 2018 di dua stasiun yakni di Mal Kelapa Gading dan Velodrome pada pekan depan.

PT Jakarta Propertindo selaku salah satu pemegang proyek LRT Jakarta menjamin aspek keamanan uji operasional setelah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan yang rencananya akan dikeluarkan pada Jumat (10/8) akhir pekan ini.

Corporate Secretary Jakpro, Hani menyebutkan pihaknya tengah memastikan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan selalu regulator apakah sertifikat uji statis dan uji dinamis dari LRT Jakarta bisa diselesaikan tepat waktu yakni pada 10 Agustus nanti.

"Nah, saya juga mau tanya ini ke Kemhub yang memprosesnya. Pastinya para asessor punya poin-poin detail, mana yang signifikan dan mana yang tidak signifikan untuk memenuhi aspek safety," ujar Hani, Rabu (8/8) pagi kepada Suara Pembaruan.

Direktur Proyek LRT Jakarta Propertindo, Allan Tandiono menyebutkan acara pengujian sarana LRT Jakarta laik operasi sudah ada untuk 4 train set yang akan digunakan pada saat Asian Games 2018.

"Targetnya paling lambat sertifikat laik operasi akan terbit pada 10 Agustus sesuai arahan Menhub saat kunjungan kerja ke stasiun kami bulan lalu. Setelah itu, Pemprov DKI akan memberikan izin uji operasi kepada JakPro untuk memulai uji operasi. Apabila akhir minggu ini sertifikatnya sudah terbit maka paling lambat Rabu depan yakni 15 Agustus, uji operasi sudah dapat dimulai," kata Allan ketika dikonfirmasi Suara Pembaruan.

Sementara itu, Manajer LRT Jakpro, Wilman Sijabat menyebutkan pihaknya akan melakukan uji operasi LRT secara terbatas dengan target paling lambat mulai 15 Agustus 2018.

"Ada 2 sesi, sesi pagi dan sesi sore. Jadwal pasti uji operasional masih dalam pembahasan tim kami. Uji coba dilakukan terlebih dahulu di dua stasiun yakni stasiun Velodrom dan Boulevard Utara," kata Wilman.

Dari data yang dimiliki PT Jakarta Propertindo (Jakpro) hingga 31 Juli 2018 lalu, progres LRT pada komponen Prasarana 82,06 persen (dapat melakukan uji operasi pada tgl 15/8 di persentase sekitar 85 persen). Pada komponen Sarana: 84,57 persen (dapat melakukan uji operasi pada tgl 15/8 di persentase sekitar 85 persen). Sedangkan komponen Operasional mencapai 91 persen (sesuai jadwal; sekarang ini sedang dilakukan proses pengujian Prasarana + Sarana LRT Jakarta oleh Kementerian Perhubungan dan finalisasi dokumen SOP operasi LRT Jakarta).

Ada enam stasiun LRT Jakarta yakni stasiun Velodrom (depan venue Velodrom), stasiun Equestrian (depan superindo), stasiun Pulomas (dekat simpang Perintis Kemerdekaan), stasiun Boulevard Selatan (depan total buah), stasiun Boulevard Utara (depan mal kelapa gading), dan stasiun Pegangsaan Dua (berimpitan dengan Depo LRT).

Sumber: BeritaSatu.com

Tags:

#AsianGames2018