Teknologi Pakan Ternak Dukung Ketahanan Pangan Nasional



Sebarkan :


Views: 37

Banda Aceh - Japfa Foundation bersama Kemin Industries (Asia) Pte Ltd mengadakan kuliah umum dengan mengangkat tema 'Teknologi Pakan dan Nutrisi Ternak untuk Ketahanan Daya Saing Bangsa di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Jumat (20/4).

Seperti diketahui, teknologi pakan ternak merupakan salah satu elemen strategis dan menjadi aspek penting dalam peningkatan ketahanan pangan dan pengembangan sistem agribisnis di Indonesia.

Head of Japfa Foundation, Andi Prasetyo, menjelaskan, dunia pendidikan di Indonesia perlu mengantisipasi perkembangan teknologi di bidang pakan dan nutrisi ternak guna memperkaya pengetahuan dan keterampilan seluruh pemangku kepentingan.

"Kuliah umum ini memiliki beberapa tujuan yang diharapkan dapat dicapai. Salah satunya, meningkatnya pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan peserta kegiatan mengenai metode dan teknologi pakan dan nutrisi ternak yang berkembang dalam industri peternakan dunia," ujar Andi Prasetyo.

Menurut Andi, dari kuliah umum ini juga diharapkan akan terjadi saling pengertian antara Kemin Industries dan Unsyiah terkait pengembangan teknologi pakan dan nutrisi ternak.

Kuliah Umum Japfa Foundation di Unsyiah

Platform Manager, Animal Nutrition of Kemin Industries, Sugummar Chinnadurai menjelaskan, cukup banyak peluang kerja yang bisa dikembangkan dalam industri pakan ternak. "Anda bisa menjadi seorang ahli nutrisi, menjadi seorang ahli riset, termasuk seorang plant manager, maupun veterinary dan health officer," jelasnya.

Sementara itu, Research Scientis of Kemin Industries, Boon Fei Tan mengatakan, pihaknya akan selalu membantu dalam pengembangan pendidikan agrikultur, khususnya dalam hal pengembangan teknologi pakan ternak.

"Hari ini kita di sini hanya belajar sedikit saja, namun ke depan kita akan belajar lebih banyak lagi. Ternak yang sehat artinya makanannya sehat. Makanan sehat, berarti masyarakat juga sehat," tambahnya.

Selain mengadakan kuliah umum, kata Boon Fei Tan, pihaknya dan FKH Unsyiah juga melakukan pertemuan dalam rangka menjajaki kerja sama penelitian bidang teknologi pakan dan nutrisi ternak. "Hal tersebut, rencananya akan diikuti penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pengembangan pendidikan agrikultur," pungkasnya.



Tags: