Surya Paloh: Partai Pendukung Pemerintah Jangan Salah Kamar



Sebarkan :


Views: 55

Bengkulu - Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh menegaskan, sebagai salah satu partai politik pendukung pemerintah, sudah sepatutnya seluruh kader Partai Nasdem selalu mendukung dan mengawal kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh karena itu, menjadi kewajiban seluruh kader partai untuk dapat membantu menjelaskan kebijakan pemerintah yang belum dipahami kepada masyarakat.

"Yang tidak kalah penting, Nasdem sebagai partai pendukung pemerintah, sebaiknya menjelaskan seluruh kebijakan pemerintah. Kita harus menjadikan posisi sebagai pendukung pemerintah, apa hal-hal yang positif, kebijakan yang bisa membesarkan hati masyarakat," kata Surya Paloh saat mengawali safari konsolidasi kader Partai Nasdem Tahap IV di Bengkulu, Sabtu (5/5).

Dia mengingatkan, Partai Nasdem juga juga tidak menutup mata jika ada kebijakan pemerintah yang perlu untuk dikritisi, terutama kebijakan-kebijakan yang kurang tepat terhadap upaya pembangunan kehidupan masyarakat. "Tidak mungkin Partai Nasdem pendukung pemerintah, tetapi menempatkan posisi kita untuk selalu mengkritisi kebijakan pemerintah. Itu menurut saya partai yang salah kamar," kata Surya Paloh di hadapan ribuan kadernya.

Dalam kesempatan tersebut, Surya juga menyinggung adanya partai politik yang hingga kini masih duduk di pemerintahan, namun setiap saat selalu mengkritik pemerintahan Joko Widodo tanpa arah dan solusi yang jelas. "Ada partai pendukung pemerintah yang menyatakan duduk dalam barisan pemerintahan, tetapi dari waktu ke waktu, pagi, siang, dan sore (selalu mengkritik pemerintah). Kita mengamati. Sebaiknya, dia bukan sebagai partai pendukung pemerintah. Sebaiknya, dia menjadi partai oposisi yang menentang pemerintahan. Itu baru tepat," kata Surya.

Walaupun tidak menyebut secara gamblang partai pendukung pemerintah yang salah kamar, namun menurut Surya, dalam memberikan dukungan itu tentu bukan semata-mata menyatakan dukungan di bibir. Dukungan juga harus dapat memberikan pikiran yang berasal dari ketulusan dan keikhlasan.

"Kita juga mungkin mampu memberikan suatu alternatif, solusi, apa yang sebaiknya dilakukan. Menurut pandangan kita, jika ada kebijakan yang tidak tepat dan kalau saja kebijakan ini bisa ditukar bisa dihentikan dengan kebijakan yang lebih tepat, itulah yang bisa kita berikan sebagai alternatif solusi," katanya.

Selain di Bengkulu, Partai Nasdem juga akan melakukan safari konsolidasi di sejumlah kota lainnya di Sumatera, seperti Palembang, Jambi, Medan, Deli Serdang, Banda Aceh, dan Pidie Jaya.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags: