​Saatnya Siswa Surabaya Unjuk Gigi di Bidang Seni



Sebarkan :


Views: 75

Surabaya-Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya tengah fokus memberikan wadah bagi pelajar dalam bidang seni. Terkait hal itu, para siswa di Kota Pahlawan kini tidak perlu repot lagi menyalurkan bakat dan minatnya. Pasalnya, sejak Juli 2017 lalu Dindik Surabaya menggelar Gebyar Kreativitas Seni Siswa Kota Surabaya yang digelar setiap hari Sabtu sore hingga malam Taman Jayengrono Jalan Rajawali.

Di taman yang terkenal tua dan perjuangan arek-arek Suroboyo inilah bakal tumplek blek suguhan berbau kesenian yang ditampilkan siswa TK, SD, hingga SMP. Mulai dari penampilan tari, pembacaan puisi, musik ensemble, tembang dolanan, senam anak Indonesia ceria dan geguritan sampai dengan pertunjukan seni lainnya.

Kepala Dindik Surabaya Dr Ikhsan mengatakan bahwa acara ini selain bertujuan memberikan hiburan kepada warga Surabaya juga sebagai sarana apresiasi seni siswa TK, SD dan SMP seluruh kota Surabaya. Secara bergiliran siswa-siswi dari wilayah lima unit pelayanan teknis dinas (UPTD) bina pengelola sekolah (BPS) Dindik akan berunjuk gigi menampilkan kesenian sekolah masing-masing. “Selama bulan Juli hingga Desember nanti pertunjukkan seni siswa akan terus digelar”, tuturnya, Minggu (6/8/2017)

menurut Ikhsan, hal ini merupakan keseriusan dan komitmen Pemkot Surabaya dalam mengembangkan bakat dan potensi siswa. Tidak hanya di bidang akademik, melainkan juga dibidang nonakademik turut menjadi perhatian. “Untuk bidang akademik pada 22-23 Agustus nanti akan diselenggarakan Lomba Peneliti Belia,” urainya.

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya yang kini menjadi DPA5 tersebut menambahkan melalui pengembangan bakat dan siswa di berbagai bidang diharapkan mampu menjadi bekal anak Surabaya. “Dengan menjadi pelajar berprestasi yang siap lahir mampu menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa mendatang,” harap Ikhsan.

Sementara itu, penampilan musik enesemble yang dipadu dengan tari Tanduk Majeng asal kota garam Madura mampu menghibur penonton yang sedang mengunjungi Taman Jayengrono.

Penampilan yang di suguhkan oleh para siswa siswi asal SD Badrus Salam tersebut merupakan salah satu contoh bahwa siswa Surabaya mampu mengembangkan kemampuan potensi bakat dan minatnya di bidang seni. “Bagi warga Surabaya yang masih belum menentukan rencana berakhir pekan bisa menyaksikan setiap Sabtu sore hingga malam. Jadi bisa mengajak keluarga untuk menikmati akhir pekan dengan sajian kreativitas siswa-siswi Surabaya,” ajak Ikhsan. 

Tags: