​Risma : Mbak Puti Jadi, Gak Onok Wong Mlarat Maneh



Sebarkan :


Views: 162

Surabaya-Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menitipkan pesan kepada Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur Puti Guntur Soekarno untuk bisa mengentas kemiskinan. Melalui program Pahlawan Ekonomi yang telah digagas tersebut berharap bisa diterapkan di Jawa Timur ketika terpilih mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) periode 2019-2024 mendatang.

Wali Kota perempuan pertama di Kota pahlawan ini memang sengaja mengajak cucu Presiden RI Ir Soekarno melihat langsung kesuksesan kaum perempuan di Kapas Krampung Plaza, Minggu (4/3/2018). Menurutnya, Puti Guntur Soekarno adalah orang yang tepat untuk membantu mengangkat ekonomi masyarakat di Jawa Timur.

"Kalau Mbak Puti jadi nanti (Wakil Gubernur terpilih, red) di jatim pasti gak onok wong mlarat maneh. Dan program Pahlawan Ekonomi bisa diterapkan di Jatim nantinya," katanya dalam Launching Program Pelatihan 2018 Pahlawan Ekononi Surabaya.

Menurut Risma, sekarang ini banyak orang miskin meski sudah sudah bekerja. Oleh karena itulah, Risma menggagas program-program pro rakyat salah satunya Pahlawan Ekonomi. "Saat ini ibu-ibu disini itu penghasilannya luar biasa, ada yang hasilnya itu sampai Rp500 juta tiap bulannya. Pak Armuji (Ketua DPRD Kota Surabaya, red) kalah loh," ujarnya sembari melirik Armuji yang duduk bersebelahan dengan Puti.

Risma menyakini bahwa semua warga Surabaya bisa menjadi Pahlawan Ekonomi. Pemkot juga sudah memberikan berbagai pelatihan-pelatihan untuk warga agar bisa mengelola bisnisnya dengan baik. Bahkan mengarahkan proses pemasarannya agar lebih dikenal masyarakat secara luas.

"Semua pasti bisa, tinggal njenengan mau apa tidak. Jangan menyerah, tidak ada yang tidak mungkin. Kota ini bisa jaya kalau anda menjadi tuan dan nyonya di kota sendiri," ajak Risma.

Risma pun juga mengharapkan jikalau Puti Guntur Soekarno terpilih bisa mengembalikan pengelolaan SMA/SMK ke tangan Pemkot Surabaya kembali. "Sekarang ini banyak anak putus sekolah yang SMA/SMK di Surabaya. Saya harap kalau Mbak Puti jadi bisa dikembalikan," pintanya.

Pada kesempatan yang sama, Cawagub nomor urut 2 ini mengaku bahwa Wali Kota Surabaya menjadikan panutannya. Bahkan, Puti sangat menghargai ketika berhadapan dengan perempuan-perempuan hebat laiknya Tri Rismaharini.

"Saya ini sangat bahagia ketika berhadapan dengan perempuan superstar. Seperti Bu Risma ini. Saya akan mencontohnya. Intinya apa yang dilakukan Bu Risma ini akan saya contoh di Jatim nantinya," tutur Puti.

Oleh sebab itu, Puti memiliki program Superstar karena terinspirasi dengan pemberdayaan perempuan yang menjadi pahlawan ekonomi bagi keluarganya. "Jadi sektor UMKM ini menjadi salah satu sektor yang memang harus diberikan fasilitas, baik pendanaan dan akses pelatihan," katanya.

Tags: