Ribuan Peserta Meriahkan Prambanan International Yoga Day



Sebarkan :


Views: 60

Sleman- Sebanyak 1500 peserta Yoga mengikuti International Yoga Day atau Hari Yoga Internasional 2018 yang diadakan di Lapangan Garuda Madala Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (24/6/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati International Yoga Day yang jatuh di tanggal 21 Juni tersebut, diselenggarakan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC).

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar India untuk Indonesia yang diwakili oleh Directur Of Jawaharlal Nehru Centre Mr Makrand, Menteri Pariwisata RI yang diwakili Direktur Sentral Asia dan India Sigit Witjaksono, Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI Suwandi, serta Anjasmara dan Javeetha sebagai Guru Yoga.

Kegiatan ini merupakan usulan Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi kepada PBB, September 2014. Selain untuk kesehatan, acara ini juga untuk mempromosikan perdamaian dan kerja sama internasional. Usulan itu dikabulkan dalam sidang umum PBB, Desember 2014 lalu.

Hari Yoga Internasional pertama kali diperingati di New Dehli, India, 21 Juni 2015 lalu. Sehingga tahun ini memasuki tahun keempat.

Dirut PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono mengatakan, untuk peringatan hari Yoga internasional di Prambanan ini, bukan hanya kegiatan rutin semata, namun juga bentuk dukungan terciptanya perdamaian, persatuan dunia dan kerja sama internasional.

Menurut Edy, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman dalam menciptakan suatu upaya damai dalam proses kehidupan. Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk mulai mengenali Yoga. Tujuannya agar tercipta suatu proses pengendalian diri ke arah yang lebih baik dalam menghadapi sendi-sendi kehidupan.

“Dalam menghadapi tantangan global yang kuat akan arus positif dan negatif, maka pendekatan diri kepada hal- hal spiritual sangat diperlukan salah satunya dengan olahraga Yoga ini,” ucapnya.

Berkenaan dengan pemilihan Candi Prambanan sebagian lokasi, hal tersebut juga sebagai pengenalan warisan budaya.

"Dan dengan lokasi di Candi Prambanan bagi kami ini menjadi salah satu langkah untuk mendekatkan kepada warisan cagar budaya yang dimiliki karena Yoga sendiri merupakan heritage culture yang ada di India, saya kira ini merupakan komposisi yang pas untuk menghubungkan warisan budaya yakni Candi Prambanan dengan aktivitas Yoga," ujarnya.

Tags: