Puti Ziarah Untuk Bangkitkan Memori Sejarah Bangsa



Sebarkan :


Views: 29

Surabaya-Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno berharap para generasi bangsa selalu mengenang jasa pahlawan Nasional. Salah satunya dengan mendatangi makam pahlawan atau ziarah ke makam pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Soepratman di Surabaya.

Puti Guntur yang mengenakan kerudung berwarna pink ini datang ke makam WR Soepratman pukul 15.00 dengan disambut puluhan pendukungnya, Rabu (23/5/2018). Sebelum melangkahkan kaki ke peristirahatan terakhir pahlawan, ia melihat sair-sair dibelakang persis patung WR Supratman. Ada tiga siar yang menurutnya adalah doa untuk bumi Indonesia.

Setelah itu melihat langsung biografi WR Soepratman yang ada di ujung selatan komplek makam. Menurut Mbak Puti, sosok WR Soepratman tentunya memiliki kesamaan dengan kakeknya Bung Karno. "Beliau (WR Soepratman, red) usianya tidak jauh dengan kakek saya Bung Karno. Hanya beda 2 tahun lebih muda. Tentunya didalam semangat kebangsaan mereka punya kesamaan," kata Puti kepada barisan pendukung setia paslon nomor urut 2 Gus Ipul-Mbak Puti.

Setelah itu, Puti langsung bergegas di pusaran makam WR Soepratman. Puluhan siswa SD yang mengenakan seragam batik pun berebut salim kepada Cucu Bung Karno ini. Dilanjut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. "Senang sekali bisa bertemu langsung dengan Bu Puti cucunya pak Presiden Indonesia pertama ini," ucap Rizky Pramana, siswa SD kelas V Wali Idris Rangkah.

Usia lagu kebangsaan itu dinyanyikan, Mbak Puti langsung mengambil bunga untuk ditaburkan ke makam WR Soepratman. Kedatangannya ialah untuk membangkitkan seluruh warga Surabaya dan Jawa Timur memori-memori sejarah pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia.

"Saya rasa tidak semua orang Surabaya mengetahuinya. Jadi kehadiran saya disini sekalian ziarah dan ingin membangkitkan memori kolektif kesejarahan masyarakat Surabaya khususnya Jawa Timur," terangnya.

Puti berpesan bahwa semangat krearivitas WR Soepratman harus ditiru oleh para generasi bangsa. Sebab, di dalam menciptakan lagu Indonesia Raya dan beberapa lagu ciptaannya termasuk Di Timur Matahari, dan sair sastra-sastra lainnya membutuhkan krearivitas yang tinggi. "Jadi yang bisa dipetik disini adalah semangat kreatifitas WR Soepratman," ulasnya.

Pesan itu pun disambut baik oleh seluruh elemen masyarakat yang hadir sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

"Mudah-mudahan kehadiran Mbak Puti di Jawa Timur bisa membangkitkan semangat nasionalis generasi muda yang menghargai keberagaman dan mengeratkan kita di dalam persatuan dan kesatuan bangsa. Kami barisan Soekarnois telah sepkat mengawal Gus Ipul dan Mbak Puti menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur," kata Dwi Arini warga Rangkah.

Tags: