Presiden Jokowi Tanam Pohon Peringati HMPI dan BMN 2017



Sebarkan :


Views: 156

Gunungkidul- Presiden Joko Widodo memimpin penanaman pohon dalam acara peringatan Hari Penanaman Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017di Desa Karang Asem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (9/12/2017).

Jokowi datang ke lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Jokowi datang ke lokasi menggunakan helikopter milik TNI AU dan turun di lapangan yang berada tak jauh dari lokasi penanaman pohon.


Setibanya di lokasi, Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan topi hitam langsung menuju ke lokasi penanaman. Didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jokowi meresmikan acara tersebut.

"Dengan mengucapkan Bismillah, kegiatan penanaman pohon hari ini resmi dimulai," ujar Presiden Jokowi diikuti sirine menekan tombol simbol kegiatan penanaman pohon dimulai.

Ada 45.000 bibit dari berbagai jenis ditanam dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2017. Sebanyak 42.000 bibit telah ditanam oleh masyarakat sekitar, sementara sisanya ditanam bersamaan dengan Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri, serta pejabat penting yang turut hadir bareng warga hari ini.

Pohon yang ditanam di lahan seluas 13 hektare yang tersebar di 5 bukit ini diantaranya berjenis Mahoni, Rambutan, Jambu Air, Jati, Nangka, dan Akasia Pionir. Jenis pohon tersebut dipilih lantaran dinilai sesuai jika ditanam di wilayah karst seperti Gunungkidul.

Dalam pidatonya seusai menanam pohon, presiden berharap acara penanaman tidak hanya seremonial semata.

“Setiap tahun ada kegiatan menanam satu miliar pohon, satu juta pohon kalau saya hitung-hitung laut sudah ada pohonnya semua. Saya lebih senang dengan angka-angka yang riil. 45.000 itu riil,” kata dia.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Staf Khusus Presiden Johan Budi dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X.

Tags: