Polri Bangun Rutan Khusus Teroris di Cikeas



Sebarkan :


Views: 15

Jakarta - Mabes Polri tengah membangun rumah tahanan (rutan) khusus teroris di Pusat Latihan Multi Fungsi Cikeas, Bogor. Rutan akan menggantikan Rutan Mako Brimob yang dilanda rusuh pada Mei lalu. Pusat latihan ini berada di Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Jaraknya sekitar tiga kilometer dari kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas Indah.

“(Untuk sementara) tahanan teroris ditaruh di rutan di Polda-polda, Polres-polres, dan Polsek-polsek. Kita sudah berikan arahan agar mereka ditempatkan di ruang tersendiri dan pengamanan lebih ketat sambil menunggu rutan di Cikeas jadi,” kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di PTIK, Selasa (7/8).

Menurutnya, pembangunan rutan di Cikeas dengan kapasitas 340 narapidana itu sudah disetujui Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Rutan dengan sistem kontainer mulai dibangun bulan ini.

“Bisa cepat (materialnya, Red) dari Spanyol. Di Spanyol sudah dipakai sistem ini, sehingga mudah-mudahan sampai dengan akhir tahun ini sudah selesai,” katanya.

Polri memiliki pusat latihan di Cikeas, Bogor, dengan luas hampir 50 hektare. Pusat latihan ini difungsikan sejak 2005. Di sana juga ada lapangan upacara dan taman makam bahagia bagi personel Polri dan keluarganya.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags: