Polda Jatim Serahkan Anak Korban Pelaku Bom Ke Kemensos



Sebarkan :


Views: 24

Surabaya-Polda Jawa Timur menyerahkan tujuh anak korban pelaku bom bunuh diri dan terduga teroris di Surabaya dan Sidoarjo kepada Kementerian Sosial RI, Selasa (12/6/2018) di Mapolda Jatim.

Disaksikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan. 7 anak diserahkan kepada Kemensos itu diantaranya 1 anak korban pelaku bom di Polrestabes Surabaya, 3 anak korban teroris di Sidoarjo dan 3 anak teroris dari Manukan Surabaya.


Dalam penyerahan itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menjelaskan, semua korban sudah dinyatakan sembuh dari perawatan medis yang dilakukan sejak beberapa minggu lalu di RS Bhayangkara.

"Untuk psikologis sudah kita koordinasikan dengan semua pihak, dan pada hari ini adalah perawatan selanjutnya untuk lebih baik lagi kita kerjasama dengan Kemensos di tempat khusus, yang paling penting adalah untuk memberikan pemahaman keagamaan," kata Kapolda usai menyerahkan tujuh anak itu kepada Kemensos.


Proses selanjutnya, kata Kapolda, menentukan siapa nantinya yang berhak untuk anak ini. Yang pasti, ia akan memberikan yang terbaik untuk anak ini, dan untuk sementara ini, kondisi ketujuh anak ini sudah mulai pulih dan ceria.

"Ya biasa, anaknya kan sudah umur 10 atau 11an tahun, jadi sudah mengerti. Tapi sudah pulih, kita perdalaman lagi, nanti akan ada yang menangani dari pihak Kemensos," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak dari Kemensos RI, Nahar mengatakan pihaknya akan memberikan penanganan khusus yang expert tentang pendidikan, konseling, rehabilisasi sosial dan pendampingan khusus untuk semua anak korban terorisme itu.

"Kementerian sosial punya tempat khusus untuk anak-anak, nanti akan kami sesuaikan dengan kondisi mereka nyamannya dimana. Kita punya tempat di beberapa kota di Indonesia," pungkasnya

Tags: