Pertemuan Tertutup Kim dengan Pejabat Rusia, Apa Kata Putin?



Sebarkan :


Views: 29

Moskow - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Pyongyang, mengundang pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi Rusia.

Moskow mengabarkan, pertemuan antara pejabat Rusia dengan kepala negara Korea Utara itu berlangsung tertutup. Pertemuan itu berlangsung pada Kamis (31/5).

"Datanglah ke Rusia, kami akan sangat senang melihat Anda," kata Lavrov kepada Kim dalam sambutannya yang dirilis kementerian luar negeri Rusia.

Lavrov menyampaikan salam dari Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Kim, mengatakan ia berharap dia sukses dalam "usaha besar yang telah dimulai di semenanjung Korea".

Kantor berita Rusia menuliskan bahwa Lavrov adalah pejabat Rusia pertama yang diterima oleh Kim. "Ini adalah pertemuan resmi pertama dengan dia secara langsung," kata TASS mengutip sumber dalam delegasi menteri.

Kementerian luar negeri Rusia juga merilis foto-foto kedua pria itu berjabat tangan dan tersenyum.

Diplomat top Rusia tiba di Pyongyang Kamis pagi, menjelang pertemuan puncak antara Kim dan Presiden AS Donald Trump.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho mengadakan pembicaraan langka dengan Lavrov di Moskow ketika Pyongyang bergerak memperbaiki hubungan yang tegang dengan kekuatan global.

Washington ingin Korea Utara segera menyerahkan semua senjata nuklirnya dengan cara yang dapat diverifikasi sebagai imbalan atas sanksi dan bantuan ekonomi.

Pyongyang memiliki pandangan yang berbeda tentang denuklirisasi. Dikhawatirkan, itu akan melemahkan pertanahannya. Terutama ketika Amerika Serikat mempertahankan kehadiran militer yang kuat di Korea Selatan.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags: