​Penyanyi Dangdut Jogja Ditangkap Polisi Usai Manggung



Sebarkan :


Views: 46

Kuloprogo- Seorang penyanyi dangdut asal Kota Jogja, Xena Xenita, 19, ditangkap aparat Polres Kulonprogo seusai manggung di sebuah sekolah, Selasa (10/4/2018).

Kapolres Kulon Progo AKBP Anggara Nasution mengatakan, penangkapan dilakukan sepulang artis itu dari manggung. Mengendarai sebuah mobil dengan nomor polisi AB 1524 MN ia diamankan di dekat Pos Polisi Karangnongko.

Ketika diamankan,polisi mendapati sembilan butir pil berlogo bentuk segitiga atau pil Hima tersimpan dalam bungkus roko di tas pelaku.

“Awalnya kami duga perempuan yang berprofesi sebagai penyanyi ini melanggar lalu lintas lalu dicegat, namun ada indikasi dia terlihat tidak fokus dan mencurigakan sehingga petugas kemudian melakukan penggeledahan dan ditemukan pil Hima” ujarnya, Senin (16/4/2018)

Pil Hima termasuk obat penenang jenis psikotropika berkategori keras berbahaya (daftar G). Efek mengonsumsi pil tersebut antara lain halusinasi, adiktif dan membuat pemakai hilang kesadaran.

Berdasar Undang-Undang No.36/2009 tentang Kesehatan, penggunaan obat tersebut harus dengan izin khusus atau resep dokter. Xena yang tercatat sebagai warga Mantrijeron, Kota Jogja, tidak memiliki perizinan khusus untuk penggunaan obat tersebut, sehingga masuk ranah pidana.

"Kami masih mengembangkan penyelidikan untuk mengungkap dari mana pelaku mendapatkan obat tersebut. Kami akan periksa terkait kemungkinan kaitan pelaku dengan jaringan yang lebih luas," katanya.

Sementara, Kasat Naroba Polres Kulonprogo AKP Munarso mengatakan, bakal mengejar tersangka lain yang sudah ditetapkan dalam daftar pencarian orang. Selain mengungkap kasus narkoba dengan tersangka XN, petugas juga menangkap dua orang pelajar dengan inisial RY dan AZ yang merupakan warga Kokap, Kulonprogo. Kedua pelajar tersebut kedapatan memiliki puluhan butir Yarindo. Pil tersebut rencananya akan diedarkan kepada teman-temannya. Polisi juga masih memburu tersangka lain, yang memasok pil ini kepada kedua tersangka.

Tags: