Penuhi Panggilan KPK, Zumi Zola Siap Ditahan



Sebarkan :


Views: 92

Jakarta - Gubernur Jambi, Zumi Zola memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (9/4). Zumi Zola bakal diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi sejumlah proyek di Provinsi Jambi. Pemeriksaan ini merupakan penjadwalan ulang lantaran Zumi Zola mangkir dari pemeriksaan penyidik pada Senin (2/4) lalu.

Mengenakan baju batik, Zumi Zola terlihat tiba di Gedung KPK sekitar pukul 10.00 WIB tanpa banyak bicara. Sambil melayangkan senyuman, Zumi Zola hanya mengucap terima kasih saat ditanya awak media mengenai kesiapannya jika ditahan tim penyidik.

Sebelum Zumi Zola tiba, pengacaranya, Handika Honggowongso menyatakan kesiapan kliennya untuk menjalani proses hukum. Termasuk jika ditahan penyidik usai menjalani pemeriksaan.

“Kalaupun hari ini harus menjalani penahanan, kami berterimakasih karena diberi kesempatan untuk memberi klarifikasi. Hak-hak kami sebagai tersangka sudah dipenuhi KPK,” kata Handika.

Diketahui, Zumi Zola sedianya diperiksa tim penyidik KPK sebagai tersangka pada Senin (2/4) lalu. Namun, Zumi Zola tidak memenuhi panggilan dengan alasan belum menerima surat panggilan pemeriksaan.

Diketahui, KPK menetapkan Zumi Zola dan Plt Kadis PUPR Jambi, Arfan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Jambi. Zumi Zola dan Arfan diduga menerima gratifikasi senilai sekitar Rp 6 miliar terkait proyek-proyek di lingkungan Pemprov Jambi.

Penetapan Zumi Zola sebagai tersangka ini merupakan pengembangan kasus dugaan suap pengesahan APBD Jambi tahun 2018.

Zumi Zola diduga mengetahui adanya praktek suap yang telah menjerat Arfan, Plt Sekda Pemprov Jambi Erwan Malik, dan Asisten III Bidang Administrasi Pemprov Jambi Saipudin tersebut. Bahkan, sebagian dari gratifikasi yang diterima Zumi Zola ini dipergunakan Arfan dan dua anak buah Zumi Zola lainnya itu untuk menyuap DPRD agar mengesahkan APBD Jambi.

Sumber: BeritaSatu.com 

Tags: