​Pengunjung KBS Selama Lebaran Capai 140 Ribu



Sebarkan :


Views: 90

Surabaya-Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) saat momen libur Lebaran mencapai 140 ribu orang. Jumlah ini mengalami peningkatan 40 ribu jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berjumlah 100 ribu pengunjung.

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Laily Widya Arishandi mengatakan jumlah pengunjung yang mencapai 140.407 orang dihitung selama delapan hari, dimana dimulai pada awal event Lebaran yaitu pada 25 Juni sampai 2 Juli 2017. "Puncak dari kepadatan pengunjung terjadi pada H+7 atau hari ini dengan total wisatawan yang datang mencapai 26.843 orang. Hal ini dikarenakan cuti bersama selama Lebaran telah berakhir," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (2/7/2017).

Dengan adanya momen Lebaran, ia menambahkan jumlah pengunjung bisa naik dua hingga enam kali lipat dibandingkan hari biasa. Pada hari biasa jumlah pengunjung KBS sekitar 2.500 hingga 3.500 orang per harinya, sedangkan di momen Lebaran bisa mencapai 26 ribu wisatawan. "Peningkatan ini sudah diantisipasi oleh pihak kami dengan penambahan fasilitas, seperti perbaikan jalan, imbauan bagi para pengunjung, renovasi kandang, dan petunjuk arah. Kemudian kami juga menambah wahana hiburan dan beberapa inovasi lainnya," tuturnya.

Menurutnya, PDTS KBS telah menyiapkan beberapa hiburan khusus saat momen Lebaran, yaitu feeding time (pemberian makan kepada satwa yang dilakukan oleh keeper atau pawang satwa) dan keeper talk (keeper dan host memberikan edukasi terkait semua tentang satwa). “Kemudian ada juga close up with animals, yaitu pengunjung bisa memberikan makan yang sudah disediakan kami dan menyentuh satwa secara langsung dengan didampingi oleh para keeper kami,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, terdapat penambahan wahana baru seperti Animal Edutainment dan Kids Zoo yang dapat memanjakan para pengunjung untuk merasakan hiburan di masing-masing tempat. “Animal Edutainment merupakan pertunjukan atau show tentang satwa yang sesuai dengan perilaku mereka sehari-hari dengan memperhatikan etik animal welfare. Misalnya tentang Beruang Madu yang mencari makanan favoritnya yaitu madu di pepohonan dengan menggunakan jari-jarinya,” jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan juga terdapat Kids Zoo yaitu tempat satwa-satwa jinak yang dapat disentuh secara langsung oleh pengunjung, seperti marmut, kelinci, kucing, ikan emas, ikan garra rufa (ikan terapi), iguana, dll.

Sementara itu, terkait keamanan pengunjung selama berada di KBS, lanjutnya PDTS KBS telah berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait, seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP dan Linmas. “Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub, Satpol PP dan Linmas, Polsek Wonokromo, Polrestabes Surabaya, dan menambah tenaga tambahan dari Resimen Mahasiswa (Menwa) untuk keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes),” tandasnya. 

Tags: