Penahanan Selebgram Angela Lee dan Suaminya Diperpanjang



Sebarkan :


Views: 153

Sleman- Polres Sleman memperpanjang masa penahanan artis (selebgram) Angela Charlie atau dikenal dengan nama Angela Lee (31), bersama suaminya, David Hardian Sugito (36) yang terjerat kasus penipuan, penggelapan, dan tindak pidana pencucian uang di Mapolres Sleman diperpanjang 40 hari. Perpanjangan penahanan ini guna melengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) keduanya.

Kasubbag Humas Polres Sleman AKP Haryanto menjelaskan salah satu alasan memperpanjang masa penahanan karena penyidik masih membutuhkan waktu guna melengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kedua tersangka.

"Penyidik bisa perpanjang masa penahanan dengan koordinasi bersama jaksa. Bisa pertimbangannya untuk proses melengkapi BAP. Karena mungkin ada petunjuk dari jaksa perlu meminta keterangan ulang dari tersangka, atau keterangan saksi, pengumpulan alat bukti, atau apapun tergantung petunjuk dari jaksa," ujarnya, Senin (5/3/2018).

Sementara itu, Kasi Pidana Umum Kejari Sleman Hafidi membenarkan pengembalian BAP kedua tesangka. "Setelah kami teliti, ternyata belum lengkap. Ada beberapa persyaratan formil dan materiil yang perlu dilengkapi penyidik sesuai pasal yang disangkakan," ucap Hafidi.

Pasangan suami-istri, Angela Lee dan David ditahan sejak 5 Februari lalu setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan, penggelapan, dan tindak pidana pencucian uang terkait investasi bisnis tas impor senilai Rp 12,1 miliar. Polisi memperoleh alat bukti uang investasi milik korban sekaligus pelapor, Santoso, justru dipakai Angela dan suaminya untuk membayar utang, membeli rumah dan mobil.

Penahanan Angela dan suaminya dilakukan berdasarkan pertimbangan subjektif dan objektif penyidik, seperti mengantisipasi tersangka menghilangkan atau merusak barang bukti, mengulangi perbuatan, melarikan diri, serta karena ancaman dari pasal yang dikenakan pidana penjara lima tahun atau lebih. Oleh polisi, Angela dan David dijerat pasal 378, 372 KUHP dan Pasal 3 dan 4 UU 8/2010 tentang tindak pidana pencucian uang.

Tags: