​Pelantikan PPK dan PPS Yogyakarta Kental Unsur Kebhinekaan



Sebarkan :


Views: 56

Yogyakarta- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta melantik 42 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 135 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Gowongan Inn, Jumat (9/3/2018).

PPK dan PPS tersebut akan bekerja untuk mengawal Pemilu 2019 yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Mulai dari pemilihan anggota DPRD Kota Yogyakarta, DPRD DIY, DPR RI dan DPD RI juga pemilu presiden.

Uniknya dalam pelantikan itu, ratusan petugas PPK/PPS seluruhnya menggunakan baju adat nusantara, di antaranya berasal dari DIY, Jawa Timur, Jawa Barat, Batak, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan hingga Sulawesi Selatan.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanto menjelaskan bahwa dress code PPK dan PPS tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan kebhinekaan yang ada di Yogyakarta.

"Yogyakarta itu unik. Miniatur Indonesia. Segala suku ada di sini, baik pelajar maupun yang bermukim di sini. Kami berharap keberagaman ini dapat memberikan kontribusi positif dalam Pemilu 2019," terangnya.

Sebelum dilantik, para anggota PPK/PPS itu telah mengikuti serangkaian tes yang digelar KPU Kota Yogyakarta. Baik tes tertulis dan juga tes wawancara.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengapresiasi pelantikan PPK dan PPS dengan mengedepankan unsur kebinekaan. "Kegiatan ini luar biasa karena mencerminkan kekuatan Yogyakarta. Harapannya, penyelenggaraan pemilu juga mencerminkan demokrasi yang sesungguhnya," kata Heroe.

Ia pun mengingatkan agar penyelenggara pemilu mulai melakukan berbagai persiapan agar penyelenggaraan Pemilu 2019 berjalan lancar. "Pemilu 2019 adalah pengalaman pertama untuk semua pihak karena pemilu dilakukan secara serentak. Persiapan harus benar-benar matang, termasuk antisipasi terhadap berbagai potensi permasalahan yang timbul," kata Heroe.

Tags: