Pelantikan Gubernur DIY, Warga Lintas Iman Doa Bersama



Sebarkan :


Views: 24

Yogyakarta- Berbagai kegiatan digelar dalam rangka mangayubagyo pelantikan Sri Sultan HB X dan Sri Paduka Pakualam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2017-2022. Di antaranya doa bersama oleh warga dari berbagai Agama dan keyakinan di Sasono Hinggil Kraton Yogyakarta, Selasa (24/10/2017).

Doa bersama lintas iman berlangsung khidmat. Acara ini juga dihadiri Putri Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi.

GKR Mangkubumi mengakhiri acara ini dengan pemotongan tumpeng. GKR Mangkubumi kemudian menyerahkan potongan tumpeng kepada para tokoh-tokoh agama.

Usai mengikuti seluruh rangkaian acara, GKR Mangkubumi menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi antusias masyarakat dan berbagai doa yang dipanjatkan.

"Mudah mudahan doa pada siang hari ini berkah untuk kita semua, dan juga tentunya perlindungan baik Ngarso Dalem (Sultan), Kanjeng Gusti (Paku Alam) dan untuk masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih, semoga Tuhan selalu melindungi kita semua," ujarnya.

Doa menurut beberapa agama dan kepercayaan dilakukan secara bergantian.

Seperti Konghucu, Hindu, Katolik, Kristen, Budha dan Islam, serta aliran kepercayaan Sunda Wiwitan dan Kejawen.

Koordinator Forum Lintas Iman, Ki Demang mengatakan acara doa lintas iman ini digelar sebagai bentuk mangayubagyo atas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

"Kami berharap Ngarso Dalem Sri Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X dapat menjalankan kepemimpinan dalam konteks negara pada provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta," ujarnya.

Ia berharap kebersamaan dalam keberagamaan di DIY akan menjadi kekuatan baik spritual maupun sosial dalam mengahadapi berbagai tantangan dan juga dalam periode kepemimpinan periode 2017-2022, masa transisi demokrasi di dalam konteks kebangsaan di DIY dapat berjalan dengan baik. Pancasila juga diharapkan menjadi pedoman dan falsafah hidup berbangsa dan UUD 45 juga diharapkan dapat.

Tags: