​MUI : Penggunaan Kertas Bertuliskan Arab Bukan Unsur Kesengajaan



Sebarkan :


Views: 74

Surabaya-Beredarnya di media sosial video nota pengiriman barang dari kertas bekas bertuliskan huruf arab oleh PT. Elteha Internasional Cabang Blitar di jalan Mastrip No 14 Kota Blitar dan alamat tujuan penerima barang di Sumenep, Madura, ditanggapi oleh sejumlah ormas Islam di Kota Blitar.

Pimpinan Kantor Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia Kota Blitar dan beberapa ormas Islam menggelar rapat bersama pejabat utama Polres Kota Blitar. Dari pertemuan itu, Pimpinan MUI menyebut Kota Blitar bahwa penggunaan kertas bekas bertuliskan arab yang dilakukan oleh karyawan Elteha Internasional Cabang Blitar bukan unsur kesengajaan.

"Kami melihat itu bukanlah Alquran. Kalau Alquran itu tulisannya bolak-balik, bukan hanya satu halaman saja. Kalau kami menilai, itu hanya kertas yang diprint bukan sobekan Alquran. Kalau menurut penjelasannya itu tidak ada unsur kesengajaan," terang ketua MUI Kota Blitar Subakir, Minggu (03/05/2018).

Dalam hal ini, MUI Kota Blitar menjelaskan apa yang tertulis dalam kertas nota pengiriman barang merupakan ayat suci dalam Alquran. Tetapi meskipun demikian, MUI Kota Blitar menilai peristiwa itu lebih pada akibat tidak jelinya karyawan Elteha Internasional Cabang Blitar dalam menggunakan kertas. Oleh karena itu, MUI juga meminta agar petugas kepolisian tetap menyelidiki kasus tersebut.

Terkait kasus tersebut, hal yang sama juga di sampaikan Kasubag Tata Usaha Kementerian Agama Kota Blitar Sholekan. Menurutnya, berdasarkan dari hasil koordinasi dan keterangan dari kepolisian membuktikan jika potongan kertas yang digunakan Elteha Internasional Cabang Blitar itu, sebagai resi pengiriman bukanlah kertas Alquran. "Semua sudah sepakat kalau itu bukan potongan kertas Alquran. Tadi pak polisi dan yang bersangkutan juga mengakui kalau itu (resi) bukan kertas Alquran," imbuhnya.

Sementara itu, pantauan di kantor PT. Elteha Internasional Cabang Blitar, pasca peristiwa munculnya video resi kiriman paket menggunakan kertas bertuliskan arab itu, jasa pengiriman paket barang Elteha beralamatkan di jalan Mastrip No 14 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar terlihat tidak ada aktivitas, dan tutup. 

Tags: