​Mobil Sapuangin Speed 5 ITS Siap berlaga di SFJ 2017



Sebarkan :


Views: 75

Surabaya-ITSTeam Sapu Angin (SA) bakal kembali meluncurkan mobil balapFormula andalannya di ajang Student Formula Japan 2017 di Ecopa Stadium, Shizuoka Prefecture, Japan pada 5-9 September mendatang.

Mobil Sapuangin Speed 5 tersebut juga bakal dilepas oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di halaman Gedung Rektorat Kampus ITS Sukolilo hari ini. Selain Wali Kota lulusan ITS ini juga akan dihadiri beberapa jajaran pimpinan kampus.

Hal ini dikatakan Manajer umum ITS Team Sapuangin 2016/2017, Annas Fauzy dalam press rilisnya, Kamis (24/8) kemarin sore. Menurutnya, tahun ini merupakan tahun ke 5 bagi ITS untuk ikut dalam ajang Student Formula Japan. “Kami menargetkan untuk bisa masuk dalam Top Ten (10 terbaik, red) karena memang tahun ini mesin yang digunakan lebih besar. Kami optimistis bisa mencapai target yang telah kami tetapkan,” katanya.

Selain dari ITS, kata Annas, tercatat terdapat beberapa universitas lain dari Indonesia yangjuga akan berlaga di kompetisi tersebut. Yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Sebelas Maret Surakarta(UNS).

Seremonial tersebut akan dimulai dengan beberapa sambutan dan penyerahan secara simbolis kepada PT. Pertamina Lubricants. Setelah acara seremonial, akan dilanjutkan dengantest drive oleh driver tim untuk mendemonstrasikan bagaimana mobil ini bisa melaju dengan cepat.

Peluncuran karya ITS Team Sapuangin, lanjut dia, salah satu perwujudan Tridharma perguruan tinggi yang juga selaras dengan misi ITS. Dengan mengembangkan penelitian serta kegiatan inovatif dan kreatif untuk dapat menguasai dan mengembangkan iptek yang unggul serta relevan bagi kebutuhan pembangunan nasional dan pertumbuhan kawasan Asia Pasifik.“Selain itu, juga untuk memperkenalkan karya nyata mahasiswa ITS terutama dalam bidang otomotif dan energi,” terangnya.

ITS Team Sapuangin sendiri fokus untuk menciptakan dua jenis mobil, yaitu mobil hemat energi dan mobil formula. Mobil formula karya ITS Team Sapuangin ini sudah mencapai generasi ke-5. Pencapaian Sapuangin sendiri sudah terbilang bagus di mata dunia, terutama dalam ajang Student Formula Japan yang diikuti. Terbukti dari prestasi-prestasi yang diraih seperti menjadi Best Rookie Award, atau sebagai pendatang pertama terbaik di tahun 2013, serta peringkat Sapuangin yang meningkat drastis setiap tahunnya.

Tags: