Menteri Perindustrian Tinjau Perkembangan Mobil Mahesa Nusantara



Sebarkan :


Views: 20

Klaten- Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengunjungi Bengkel Kiat Motor yang berlokasi di Desa Mlese, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kunjungan Menperin kali ini bertujuan untuk meninjau langsung perkembangan prototipe mobil pedesaan Kiat Mahesa Nusantara, Jumat (03/11/2017).

Airlangga mengatakan Kementerian Perindustrian mendukung pengembangan mobil pedesaan. Airlangga juga mengapresiasi, upaya daripada seluruh tim untuk mengembangkan mobil pedesaan hingga ke tahapan protitepe.

Airlangga juga sempat menjajal tiga purwarupa Mahesa yang diparkir di ruang tengah bengkel Kiat Motor. Tiga purwarupa itu adalah tipe double cabin, pick up, dan kendaraan peralatan pertanian.

Menurut Airlangga, Mahesa sangat cocok untuk digunakan warga pedesaan karena didesain multifungsi. Selain dapat mengangkut penumpang, kendaraan beroda empat dengan mesin diesel berkapasitas 650 cc itu juga dapat mengangkut barang sekaligus mengoperasikan mesin-mesin pertanian.

Airlangga juga memuji bodi Mahesa yang menggunakan FRP (Fiberglass Reinforce Plastics) Injection. FRP Injection dinilai tepat diterapkan untuk Mahesa karena bobotnya lebih ringan. “FRP Injection ini lebih efisien daripada injection blanking (logam).

Kendaraan tersebut tahap awal dikembangkan dalam sinergi Solo Raya dan Yogya (Klaten - Yogya – Solo). Uji pasar juga dilakukan di kawasan ini, kemudian dibawa ke tingkat nasional secara bertahap.

Terkait perizinan, ia menyatakan tidak ada masalah. Produksi Mahesa Nusantara hanya tinggal menunggu waktu. Diperkirakan butuh sepuluh bulan untuk persiapan produksi.

"Untuk kesiapannya, tadi saya tanya kira-kira butuh 10 bulan. Saya minta untuk disiapkan, pemerintah sangat mendukung," katanya

Perlu diketahui, mobil pedesaan ini lahir dari tangan orang yang juga mempelopori munculnya mobil Esemka, yaitu Sukiyat. Saat ini, terdapat tiga prototipe mobil pedesaan Kiat Mahesa Nusantara. Bentuknya hampir menyerupai mobil pick up dengan ukuran lebih kecil.

Prototipe pertama adalah mobil pedesaan dengan kabin ganda berwarna merah, lalu mobil pedesaan dengan kabin tunggal berwarna kuning, dan mobil pedesaan kabin tunggal dek rata berwarna putih. Seluruh teknologi baru mobil pedesaan tersebut telah menggunakan Power Take Off (PTO).

Tags: