​Mbak Puti Komitmen Gratiskan Pendidikan SMA/SMK



Sebarkan :


Views: 28

Banyuwangi-Hari kedua di Kabupaten Banyuwangi, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur nomor 2, Puti Guntur Soekarno bersilaturahim dengan para ibu-ibu Muslimat NU dan Fatayat di Desa Kebaman, Dusun Blangkon, Kecamatan Srono, Minggu (3/6/2018).

Masih sama, Mbak Puti sapaan akrab Puti Guntur Soekarno tetap ditemani Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Jatim Sonny T Danaparamita dan Ketua PDIP Banyuwangi Made Cahyana Negara. "Alhamdulillah, saya bisa bertemu dengan ibu-ibu yang cantik-cantik disini, di Desa Kebaman Kecamatan Srono," kata Puti sembari diiringi salawat oleh warga.

Ketika dipersilahkan di atas panggung, Mbak Puti langsung menyapa ratusan ibu-ibu yang telah setia menunggu hingga berada di pinggir jalan. "Nama panjang saya Puti Guntur Soekarno. Ibu-ibu disini cukup manggil Mbak Puti saja, di gambar pakai kerudung warna merah. Saya adalah cucu pertama Bung Karno," ujarnya.

Ucapan Mbak Puti itu pun sontak membuat para ibu dan bapak mengacungkan salam 2 jarinya. Meski cuaca panas, warga masyarakat terlihat tak ada sedikitpun yang meninggalkan acara.

Dalam sambutan, Anas juga menyampaikan bahwa Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno mempunyai beberapa program yang akan menyejahterakan masyarakat Banyuwangi.

Salah satu program tersebut adalah menggratiskan biaya pendidikan bagi SMA/SMK Negeri di Jawa Timur termasuk Banyuwangi. "Untuk itu jangan lupa 27 Juni nanti pilih nomor dua ya bu," kata Anas.

Melanjutkan Azwar Anas, Mbak Puti mengatakan bahwa program SMA/SMK gratis tersebut telah dikemasnya bersama Gus Ipul dalam Program Dik Dilan, atau Pendidikan Gratis Berkelanjutan. "Program ini juga dalam rangka menyukseskan program Pak Jokowi yaitu wajib belajar 12 tahun," kata Mbak Puti.

Selain mensukseskan program wajib belajar 12 tahun, Cucu Proklamator Indonesia, Ir Soekarno tersebut mengatakan Dik Dilan juga bertujuan untuk meringankan beban keluarga terutama orang tua perempuan tunggal. "Jadi ibu-ibu tidak usah khawatir, kalau anaknya lulus SMP mau ke SMA, SPP-nya gratis," kata Mbak Puti.

Mbak Puti mengatakan, cita-cita Gus Ipul dan dirinya untuk menyejahterakan Jawa Timur akan sulit terwujud jika tidak dibantu dengan masyarakat Jatim sendiri. "Walaupun Gus Ipul adalah cicitnya Pendiri NU, KH Bisri Syansuri, walaupun saya adalah Cucu dari Proklamator Indonesia, Bung Karno, tapi kami bukan apa-apa tanpa ibu-ibu semua," kata Mantan Anggota DPR RI Komisi X ini.

Di akhir acara, Mbak Puti dan Anas tidak bisa langsung pulang karena ratusan ibu-ibu dan warga sekitar yang datang berebut untuk berfoto bersama Mbak Puti dan Azwar Anas.

Tags: