Mantan Presiden Korea Selatan Dituntut 30 Tahun Penjara



Sebarkan :


Views: 144

Seoul - Jaksa Korea Selatan, Selasa (27/2), menuntut hukuman penjara 30 tahun penjara untuk mantan Presiden Park Geun Hye yang digulingkan tahun lalu. Ia terlibat skandal korupsi.

Park, yang ayahnya mantan diktator Park Chung Hee, diturunkan dari jabatannya pada Maret tahun lalu. Ia diadili atas tuduhan penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan.Ia dituduh main mata dengan para pemimpin politik Korea Selatan dan konglomerat.

Rekomendasi jaksa itu diajukan dua minggu setelah Choi Soon Sil, sahabat Park, divonis bersalah dan diganjar hukuman 20 tahun penjara. Park, yang telah ditahan 31 Maret tahun lalu dan diadili sejak Mei 2017, membantah melakukan kesalahan.

Adapun Choi, terbukti bersalah menerima suap dari konglomerat, Samsung dan raksasa ritel Lotte, sebagai imbalan atas bantuan pemerintah. Lima belas dari 18 tuduhan Choi mengarah pada mantan presiden Park. Jaksa juga menuntut Park membayar denda 118,5 miliar won.

"(Park) membawa krisis nasional dengan membiarkan seseorang yang tidak pernah terlibat dalam pengelolaan negara menguasai negara ini," kata seorang jaksa penuntut. "Dia dan Choi mengambil puluhan miliar uang suap dan menyangkal tindakan kriminalnya dan menghalangi usaha untuk menegakkan kebenaran."

Jaksa juga menyatakan Park karena "bersekutu dengan chaebol dan bukan rakyatnya". Chaebol adalah istilah bahasa Korea untuk konglomerat, yang telah menjadi kekuatan ekonomi utama Korea Selatan sejak berakhirnya Perang Korea sampai sekarang ini.

Park Seung Gil, seorang pengacara yang mewakili mantan presiden tersebut, sambil menangis memohon ke hadapan Pengadilan Negeri Seoul Pusat untuk mendapatkan belas kasihan, dengan mengatakan bahwa Park telah menjalani masa sulit memimpin negara "siang dan malam".

Saat sidang yang digelar tanpa dihadiri Park, ratusan pendukungnya berkumpul di luar pengadilan. Mereka menuntut Park dibebaskan. "Segera lepaskan presiden kita," mereka berseru.

Partai Liberty Korea, sebuah partai oposisi konservatif yang sebelumnya dipimpin oleh Park, mengecam tuntutan jaksa. "Apa yang dituntut penuntut lebih berat daripada hukuman mati."

Pengadilan Distrik Seoul juga telah menghukum bos Lotte Group Shin Dong Bin dua tahun enam bulan penjara dalam kasus yang sama. Namun Pengadilan Tinggi Seoul membebaskanpewaris Samsung Group Lee Jae Yong pada awal Februari - sebuah keputusan yang mengirimkan gelombang kejutan di kalangan politik dan bisnis.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags:

#mantanpresiden #korsel #korupsi