​Malam Tahun Baru, Malioboro Berlakukan Car Free Night



Sebarkan :


Views: 164

Yogyakarta- Musim libur akhir tahun banyak wisatawan yang menjadikan Jogja sebagai tujuannya. Sejumlah rekayasa lalu lintas pun disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan bermotor. Khusus untuk Jalan Malioboro akan bebas dari kendaraan bermotor (car free night) pada malam tahun baru 2018 nanti.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY, Kombes Pol Latief Usman mengatakan car free night hanya diberlakukan pada perayaan malam tahun baru yang akan dimulai pukul 17.00 WIB. Pada pukul 17.00 WIB kendaraan roda empat terlebih dahulu yang tidak diperbolehkan masuk ke jalan Malioboro.

"Pada pukul 18.00 WIB semua kendaraan bermotor tidak boleh lewat. Malioboro pada malam tahun baru kita berlakukan car free night,"ujarnya.

Dia mengatakan wilayah Yogya dibagi dalam 3 ring untuk rekayasa lalulintas pada malam tahun baru atau libur akhir tahun. Malioboro merupakan ring pertama, kemudian ring kedua berada gang-gang disekitar Malioboro, dan ring ketiga disekitar ringroad.

Pengalihan arus seperti di Maguwoharjo jika ada kepadatan maka akan dialihkan ke utara. Begitu juga di Jombor jika terjadi kepadatan di kota maka tidak lurus ke jalan Magelang tetapi akan diputar ke arah ringorad barat.

Sementara itu, dalam menyambut pergantian tahun, Dinas Pariwisata DIY akan menggelar empat event di jalan Malioboro, Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta dalam forum diskusi wartawan di DPRD DIY Rabu (20/12/2017) mengatakan ada tiga panggung utama yang bakal memeriahkan malam pergantian tahun di Jalan Malioboro. Berbagai hiburan baik tradisional maupun modern bakal ditampilkan untuk menemani masyarakat dan wisatawan yang berada di lokasi tersebut.

“Di depan DPRD DIY ada wayang kulit dan wayang golek, di depan salah satu hotel ada campur sari, kemudian di depan Kepatihan ada panggung band untuk anak-anak muda. Kami berharap masyarakat bisa terhibur saat malam pergantian tahun di Malioboro,” ungkapnya.

Aris mengatakan selain yang di kawasan Malioboro, di empat kabupaten di DIY juga akan digelar event untuk libur natal dan tahun baru. Seperti di Sleman akan ada festival Merapi yang digelar 23-24 Desember 2017.

"Untuk di Gunungkidul akan ada beberapa event, seperti festival panjat tebing di Pantai Siung yang akan digelar tanggal 31 dan festival surfing di Pantai Wediombo," ujarnya.

Selain itu juga akan digelar pentas musik dan pesta kembang api di Gua Ngringrong, Wonosari pada malam pergantian tahun.

Tags: