​Lumpuhkan Penyerang Gereja, Aiptu Almunir Diberi Penghargaan



Sebarkan :


Views: 73

Sleman- Aiptu Almunir (57) diberi penghargaan oleh Kapolda DIY atas tindakannya melumpuhkan Suliono (23), pelaku penyerangan umat Gereja Katolik Santa Lidwina Bedog, Sleman. Brigadir Polsek Gamping itu diapresiasi karena mampu mengambil tindakan terukur di tengah situasi yang mengancam nyawanya sendiri. 

"Tindakan Aiptu Munir terukur, saya kira tindakannya luar biasa, kecepatan, datang ke TKP, melumpuhkan tersangka. Inilah tindakan diskresi seorang anggota Polri tepat dilakukan di lapangan, dalam kondisi terdesak mampu bersikap tenang, apa yang harus dilakukan betul-betul dijalankan," kata Kapolda DIY Brigjend Pol Ahmad Dofiri kepada jajarannya, dalam apel penyerahan penghargaan polisi berprestasi, di halaman Mapolda DIY, Jalan Ring Road Utara, Sleman, Rabu (14/2/2018).

Selain Munir, tiga anggota kepolisian lainnya, yakni Iptu Pujiono, Aiptu Prastyanto Julnaidi, dan Brigadir Erwin Riza juga mendapatkan penghargaan serupa karena dinilai ikut membantu melumpuhkan pelaku penyerangan Gereja Lidwina pada hari Minggu (11/2/2018) lalu.

"Sementara ini berupa pin dan piagam penghargaan dulu, yang lain nanti akan kami upayakan," ujar Dhofiri.

Pada saat peristiwa penyerangan terjadi, Munir menembak kaki kanan dan kiri pelaku karena pelaku tidak mengindahkan peringatan dan justru berbalik menyerangnya dengan parang.

dalam posisi terancam nyawanya karena diserang oleh pelaku, menurut Dhofiri dibenarkan apabila mengeluarkan tembakan yang mematikan kepada pelaku.

"Bisa saja dia mengeluarkan tembakan di bagian yang mematikan karena dalam kondisi terdesak, tetapi Munir berusaha hanya melumpuhkan agar pelaku tetap bisa dimintai keterangan,"ujarnya.

Munir diberi kesempatan Dofiri untuk maju dan menyampaikan apa upaya yang dilakukannya kepada peserta apel.

"Saya berpikir menembak kaki karena ingin melumpuhkan, bukan mematikan. Terima kasih Bapak Kapolda atas penghargaan yang diberikan," ujar pria yang telah berdinas sebagai polisi selama 34 tahun ini.

Tags: