​Libur Akhir Tahun, Dinkes Jatim Siapkan Posko Kesehatan



Sebarkan :


Views: 16

Surabaya-Dinas Kesehatan ( Dinkes) Jawa Timur membentuk tim posko kesehatan yang menyebar di seluruh Kabupaten/Kota. Tim posko kesehatan tersebut untuk kesiapsiagaan pengamanan dan mengantisipasi gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan kecelakaan pada arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2018.

Kepala Dinkes Jatim Dr dr Kohar Hari Santoso mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut libur natal dan tahun baru. Beberapa persiapan yang dilakukan di antaranya mendirikan posko kesehatan di sejumlah titik. “Seperti di terminal, bandara, stasiun serta pusat hiburan dan keramaian,” terangnya, Rabu (27/12/2017).

Menurut Kohar, posko kesehatan dinilai penting demi mendukung keamanan dan kenyamanan para pengemudi dan masyarakat secara luas dari aspek kesehatannya. “Khususnya bagi yang berpergian dan rekreasi ini kami utamakan,” jelasnya.

Disamping itu, ia berpesan kepada seluruh pengemudi agar supaya menjaga kesehatan selama mengendarai. Selain itu juga tetap tertib dalam mengemudi agar sepanjang perjalanan aman dan lancar. “Masyarakat juga harus mempersiapkan diri dan perbekalan agar tidak lelah. Apalagi sakit dalam perjalanan, ya,” ujarnya.

Di posko kesehatan, lanjut dia, juga tersedia fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Mulai dari obat-obatan, alat kesehatan termasuk juga tenaga medis. “Jadi untuk para pemudik yang merasa kelelahan, silahkan ke posko saja,” pesannya. Selain itu, faskes juga siap siaga yakni 187 rumah sakit, 790 puskesmas, 213 klinik, dan 375 poskes lapangan.

Tags: