Kota Solo Deklarasikan Sebagai Kota Otomotif



Sebarkan :


Views: 103

Solo- Ratusan anggota komunitas motor dan mobil dari seluruh wilayah eks-karesidenan Surakarta menggelar deklarasi Kota Solo sebagai Kota Otomotif. Acara yang digelar di Stadion Manahan ini dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai komunitas.

Ada 166 komunitas otomotif yang hadir meramaikan acara ini.

Acara ini digagas oleh Komunitas Indonesia Satu, bersama Pemkot Solo dan juga Polresta Solo akan sebagai pencanangan Solo sebagai Kota Otomotif. Sebab banyak hal yang berkaitan dengan otomotif terjadi di Solo.

“Secara sejarah banyak yang berhubungan antara Solo dan Otomotif. Atlet dan pembalab Rio Haryanto dari Solo, mobil Esemka juga dari Solo. Bahkan pemilik mobil pertama di Indonesia juga orang Solo, yakni PB X, yang saat itu memesan dari Belanda,” ujar Presiden komunitas Indonesia Satu, Heru S Notonegoro, Sabtu (10/3/2018)..

Tujuan dari acara ini, menurutnya antara lain mewujudkan persatuan dan kesatuan masyarakat otomotif Indonesia demi meningkatkan kualitas dan pengabdian bagi bangsa dan negara.

"Selain itu, agar tercipta masyarakat otomotif Indonesia yang berkualitas dan berkarakter, mulia, memiliki sosial tinggi untuk mewujudkan Indonesia sejahtera," paparnya.

Walikota Solo, FX. Hadi Rudiyatmo menuturkan bahwa saat ini ada wacana pembuatan sirkuit untuk lebih mewadahi penikmat otomotif di kota Solo.

"Ada wacana pembuatan sirkuit, tapi ya sementara hobi masyarakat dalam event otomotif tetap di selenggarakan di sekitar stadion Manahan dulu," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Deklarasi Solo Kota Otomotif, Herman Jamboje, ketika dimintai konfirmasi mengatakan Tommy Soeharto hadir sebagai tamu. Soal pengenaan atribut (jaket) sebuah partai, dia mengaku tidak tahu.

“Kalau yang itu saya tidak tahu Mas,” ujarnya singkat.

Selain deklarasi juga ada pernyataan sikap dari Indonesia Satu yang dibacakan Presiden Indonesia Satu, Heru Notonegoro tentang Solo Aman Solo Nyaman. Ada juga slalom, free style, dan mobil offroad melewati dua mobil. Acara diakhiri rolling peserta deklarasi dengan titik akhir Gladak.

Tags: