​Kini Pasar Beringharjo Buka Sampai Malam



Sebarkan :


Views: 44

Yogyakarta- Salah satu ikon Kota Yogyakarta, Pasar Beringharjo, kini resmi beroperasi sampai malam hari. Jika biasanya pasar tradisional itu sudah mulai tutup sekitar pukul 16.00 atau 17.00, kini Pasar Beringharjo buka hingga 21.00, Rabu (11/04/2018).

Acara peluncuran perdana pembukaan pasar hingga malam hari itu dilakukan Walikota Yogya Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota Heroe Purwadi. Dalam acara itu para pedagang yang berada di lorong utama area barat pasar serempak tak ada yang menutup toko. Para wisatawan tampak sumringah dan langsung berhamburan masuk ke dalam pasar begitu sirene tanda dimulainya pembukaan Beringharjo hingga malam dinyalakan.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menuturkan, pelaksanaan operasional malam Pasar Beringharjo merupakan permintaan banyak elemen masyarakat mulai pedagang, sampai wisatawan-wisatawan yang datang.

Apalagi, cukup sering wisatawan yang terlalu sore datang kecewa karena Pasar Beringharjo sudah tutup. Padahal, tingkat antusiasme wisatawan baik lokal, domestik sampai mancanegara ke pasar tradisional itu sangat tinggi.

Namun Heroe menegaskan program membuka Pasar Beringharjo sampai malam ini sifatnya masih ujicoba. Pemerintan masih akan mengevaluasi, apakah program ini menguntungkan warga Yogya, para pedagang serta wisatawan.

"Kami harap beroperasinya Pasar Beringharjo sampai malam ini barokah dan menyenangkan bagi semua pihak, kami evaluasi terus." Ujarnya.

Ketua Paguyuban Pasar Beringharjo Barat, Ujun Junaedi mengatakan bahwa terdapat sekitar 914 pedagang yang melanjutkan buka hingga malam hari dari total 1.535 pedagang di sisi Barat Lantai 1-3.

"Tadi saya ngobrol dengan pedagang, sambutannya sangat bagus. Ada kenaikan omset sampai 50 persen. Semoga ini bisa memberi motivasi dalam menggeliatkan pariwisata malam hari," tandasnya.

Ujun juga menekankan pada pedagang untuk memberlakukan sistem shift di masing-masing lapaknya demi menjaga stamina mereka.

"Saya tekankan juga untuk penambahan pekerja, sistem shifting, karena tidak mungkin satu orang jaga dari pagi," kata Ujun. 

Tags: