Khofifah: Berziarah Ke Makam Hal Biasa, Itu Tradisi Saya



Sebarkan :


Views: 14

Bantul- Sebelum berkunjung ke lokasi pengungsi banjir dan tanah longsor di Balai Desa Kebonagung Bantul, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah ke makam raja-raja Mataram di Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (2/12/2017).

Perempuan yang juga Ketua Umum Muslimat NU itu didampingi Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih ketika ziarah. Menggunakan pakaian adat Jawa Khofifah menaiki tangga menuju makam Sultan Agung.

Sekitar satu jam Mensos melakukan ziarah ke Makam Sultan Agung yang ditutup dengan pengajian di bangsal tidak jauh dari makam. Ditanya apakah ziarah ke Makam Sultan Agung tersebut terkait rencana maju menjadi Cagub Jatim dalam perhelatan Pilkada 2018 mendatang, dengan tegas Khofifah menampiknya. Menurut Khofifah, niatnya berziarah ke makam hal biasa dan tidak berkaitan dengan politik.

"Saya mengetahui bahwa di situ ada tokoh tokoh teladan bangsa, ada pejuang dan di dalamnya ada para waliyullah (wali Allah) biasanya saya membaca al-fatihah dulu sebelum masuk kota, itu tradisi saya,"ujarnya.

Bahkan menurut Khofifah, Imogiri sebuah wilayah di Bantul yang terdapat makam raja-rata bisa menjadi referensi bagi semua betapa kayanya Indonesia itu, karena bisa menjadi destinasi wisata sesuai kebutuhan wisatawan yang mengunjungi.

"Wisata religius bisa, spiritual ya bisa, budaya ya bisa, sejarah ya bisa, kalau mau kita bilang wisatawan nusantara ya bisa. Kalau bicara Indonesia ini pasti prosesnya panjang, dan salah satu yang bangun pondasinya adalah Sultan Agung," katanya.

Bakal calon Gubernur Jawa Timur ini menambahkan alasannya berziarah ke Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri karena ada makam Sultan Agung di sana. Sultan Agung adalah salah satu tokoh yang meletakkan pondasi bangsa.

"Seperti pesan Bung Karno. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai, menghormati dan mengikuti keteladanan para pahlawan," ucapnya.

Tags: