Kenaikan Peringkat RI Momentum Kinerja Ekonomi



Sebarkan :


Views: 107

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Inderawati menilai kenaikan peringkat utang Indonesia dari lembaga pemeringkat internasional, Fitch Rating dari BBB- menjadi BBB, merupakan momentum untuk meningkatkan kinerja perekonomian dari berbagai aspek.

"Saya rasa assesment yang sifatnya positif tentu akan menjadi suatu momentum yang akan terus kita gunakan untuk bagaimana meningkatkan kinerja perekonomian Indonesia, baik dari sisi pertumbuhan, penciptaan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan dan kesenjangan," kata Menkeu di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (21/12).

Lembaga pemeringkat Fitch meningkatkan peringkat Indonesia dari BBB- atau "Outlook Positif" menjadi BBB atau "Outlook Stabil" pada 20 Desember 2017.

Fitch menyatakan faktor yang mendukung kenaikan tersebut adalah menguatnya ketahanan ekonomi Indonesia terhadap faktor eksternal yang didukung kebijakan makroekonomi yang konsisten untuk menjaga stabilitas.

Ketahanan ekonomi itu berdampak pada kebijakan nilai tukar yang lebih fleksibel, cadangan devisa yang meningkat tajam, kebijakan moneter yang mampu mengatasi gejolak aliran modal, dan kebijakan makroprudensial yang mampu mengendalikan utang luar negeri korporasi.

Sumber:Beritasatu.com 

Tags: