​Gubernur Jatim Lantik PJ Bupati Empat Kabupaten, Jelang Pilkada



Sebarkan :


Views: 60

Surabaya-Soekarwo (Pakde Karwo) Gubernur Jawa Timur melantik empat orang Penjabat (PJ) Bupati untuk empat daerah yang terdapat kekosongan kepemimpinan di Jawa Timur menjelang Pilkada Serentak 2018, Selasa (13/3/2018).

Empat Kabupaten di Jawa Timur yang telah memiliki PJ (ada kesalahan penyebutan di berita sebelumnya sebagai Pjs itu antara lain Bangkalan, Sampang, Bojonegoro, dan Probolinggo.

Adapun empat PJ Bupati untuk masing-masing daerah yang dilantik hari ini antara lain:1. Jonathan Judyanto Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur sebagai PJ Bupati Sampang

2. R Tjahjo Widodo Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan Provinsi Jatim (Bakorwil) Jember sebagai PJ Bupati Probolinggo
3. Supriyanto Asisten I Pemprov Jawa Timur sebagai PJ Bupati Bojonegoro
4. I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranu Kepala Bakorwil Pamekasan sebagai PJ Bupati Bangkalan 

Pakde Karwo mengatakan, PJ Bupati memiliki kewenangan yang sama dengan Bupati, kecuali beberapa hal yang memang tidak boleh dilakukan.

Antara lain membatalkan perjanjian yang sudah ada dan telah disepakati Bupati sebelumnya. Memutasi pejabat tanpa izin Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur. "Tidak boleh membuat kebijakan baru yang tidak ada di dalam rencana kerja pemerintah (RKP)," katanya. 

Di masa Pilkada Serentak Jawa Timur ini, termasuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, PJ Bupati bertugas mensukseskan berlangsungnya pemilihan di daerah. 

Namun, Pakde Karwo menegaskan, yang paling penting bagi PJ Bupati adalah memastikan pelayanan dasar bagi masyarakat bisa tetap berjalan. "Pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik harus jalan, dan memastikan netralitas PNS. Ini yang sangat serius, supaya kualitas demokrasi menjadi semakin baik," katanya usai pelantikan di Gedung Negara Grahadi. 

Sesuai Undang-Undang, PJ Bupati/Wali Kota dilantik ketika Bupati maupun Wali Kota di sebuah daerah telah berakhir masa jabatannya dan kepala daerah itu tidak cuti untuk kampanye. PJ Bupati yang diisi oleh pejabat tinggi madya akan menjabat setidaknya selama enam bulan hingga terpilih kepala daerah baru.

Tags: