Efek Asian Games: Empek-empek 7 Ton



Sebarkan :


Views: 26

Jakarta - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengungkapkan keyakinannya bahwa penyelenggaraan Asian Games di Palembang mulai 18 Agustus nanti akan membawa dampak ekonomi signifikan di daerahnya.

"Minimal (penjualan) empek-empek 7 ton per hari, itu baru empek-empek," seloroh Alex saat ditemui wartawan di sela sebuah seminar di Hotel Aryaduta, Palembang, Rabu (1/8).

"Belum lagi hotel penuh, restoran penuh, itu dampak yang kelihatan, dirasakan langsung. Yang tak dirasakan langsung banyak."

Persiapan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games bersama Jakarta menurut Alex juga sudah matang dalam tiga tahun terakhir ini.

Berbagai sarana dan prasarana telah dibangun dengan dana sekitar Rp 70 triliun dan infrastruktur yang dibangun akan bisa memberi manfaat jangka panjang, kata Alex.

Hal itu termasuk peningkatan kapasitas Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, pembangunan dua jembatan di Sungai Musi, pembangunan jalan layang dan jalan tol, dan yang baru resmi beroperasi hari yang sama adalah kereta ringan atau light rail transit(LRT) yang menghubungkan bandara dengan pusat sarana olahraga Jakabaring di tengah kota Palembang.

"Luar biasa! Nanti turun di airport, setelah bea cukai tinggal jalan kaki, lalu stasiun pertama itu menggunakan eskalator kemudian perjalanan ke Jakabaring," kata Alex.

"Kalau nggak berhenti, LRT bisa 35 menit sampai ke Jakabaring (dari bandara)."

Alex menambahkan bahwa persiapan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games tidak serumit di Jakarta, termasuk pengaturan libur sekolah atau penerapan plat nomor ganjil genap untuk mengurangi kemacetan.

"Di sini tidak ada. Mau sekolah ya sekolah, mau libur ya libur. Tak ada ganjil genap, tak ada buka tutup (pintu tol). Beda ya," ujarnya.

Selain itu, akses media dalam dan luar negeri untuk meliput Asian Games di Palembang juga tidak akan dibatasi.

"Anda daftar di media center kami dan diberikan akses lengkap," janji Alex.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags: