​DPW LDII Jatim Gelar Halaqoh Kubro



Sebarkan :


Views: 165

Surabaya-Sekitar 20 ribu lebih se-Jawa Timur maupun berasal dari Bali hingga Samarinda berkumpul di Masjid Nasional Al Akbar, Senin (25/12/2017), untuk mengikuti Halaqoh Kubro Tahfidzul Quran 2017 ke - I, yang dilaksanakan DPP dan DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Timur.

Halaqoh Kubro Tahfidzul Quran 2017, di Masjid Al Akbar, Surabaya, ini dihadiri setidaknya 20 ribu lebih penghafal Alquran dari berbagai daerah di Jawa Timur. Acara yang digelar oleh Majekuis Taujih Wal Irsyad DPP LDII dan Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur ini baru pertama kali diselenggarakan di Surabaya. 

Tak hanya dari Jawa Timur, peserta halaqoh ini juga datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bali, Lombok, Sumbawa Nusa Tenggara Barat, dan Samarinda. Bagi LDII, acara ini merupakan syiar untuk mendorong para generasi muda mencintai Alquran. Indonesia yang merupakan negara dengan umat Islam terbesar di dunia, diharapkan mampu menjadi pelestari Alquran. Selain itu, acara ini juga untuk mengukur sejauh mana hafalan Alquran para tahfidz, untuk melahirkan generasi profesional yang religius.

Dalam pidatonya, Kyai Haji Abdus Somad Buchori, Ketua MUI Jatim sempat menyinggung para thafidz, tak hanya pandai menjadi penghafal Alquran, namun juga harus memahami arti bacaan Alquran serta mempelajari hadist.

Bagi Majelis Ulama Indonesia (MUI), program tahfidz merupakan salah satu fokus utama pembinaan karakter generasi muda penerus bangsa. Program ini untuk menciptakan generasi yang profesional religius, dalam jangka panjang.

Salah satu praktik mencetak generasi religius, yaitu dengan mengadakan program tahfidz di setiap kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Acara juga sebagai bentuk kepedulian MUI terhadap Indonesia di masa mendatang, sekaligus penguatan empat pilar bangsa berupa Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Tags: