​DPRD Kota Malang Belajar Tangkal Hoak di Dinkominfo Surabaya



Sebarkan :


Views: 90

Surabaya-Inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya seolah menjadi magnet bagi daerah lain untuk mengkaji lebih dalam. Salah satunya rombongan dari DPRD kota Malang yang pada hari ini Jumat (6/7/2018) bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya melakukan kunjungan kerja.

Rombongan DPRD Kota Malang yang dipimpin Indra Cahyono diterima langsung oleh Cahyo Utomo Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Indra menyampaikan kunjungan kerja yang berlangsung pagi ini guna menimba informasi lebih dalam tentang cara Pemerintah Kota Surabaya dalam menangkal berita HOAX.

"Dulu berita HOAX wujudnya surat kaleng tapi sekarang wujudnya sudah masuk ke media sosial" ungkap Cahyo.

Ia juga menambahkan bahwa media sosial adalah akses tanpa limit atau tanpa batas sehingga setiap orang pasti mempunyai akses untuk masuk. "Kita tidak bisa memberi pagar kapan masuknya berita HOAX itu. Sumber utamanya kini perkembangan teknologi dan juga masyarakat punya hak untuk menyampaikan pendapat," ungkap Cahyo.

Cahyo juga menyampaikan Dinkominfo memiliki peran penting untuk menangkal HOAX. Bukan hanya dalam sisi pemerintahan saja, melainkan juga dari sisi masyarakat. Selain menggunakan media sosial dan website resmi, Pemkot Surabaya memiliki strategi khusus yakni dengan melakukan pendekatan langsung ke masyarakat dengan bantuan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat). "Kami sangat terbantu dengan adanya KIM yang telah tersebar di 154 Kelurahan di Surabaya. Mereka lah penyalur informasi Pemkot Surabaya. Kami juga sangat berterimakasih dengan para relawan KIM yang sangat intens menjalin hubungan baik dengan kami," ujar Sri Puri Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfo.

Dalam kunjungan dari kota terbesar kedua di Jawa Timur ini juga dibahas mengenai PP18 tentang Perangkat Daerah. Esti, selaku ASN Bagian Organisasi Pemkot Surabaya menjelaskan PP18 Perda 16 2018, secara umum Perangkat Daerah Pemkot Surabaya sesuai dengan kewenangan.

Tags: