​Disdukcapil Surabaya soal E-KTP Yang Rusak



Sebarkan :


Views: 61

Surabaya-Ditemui seusai rapat koordinasi bersama seluruh kecamatan Kota Surabaya di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya, (5/6/2018). 

Laily Susanti, Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil Kota Surabaya, mengatakan bahwa sesuaiSurat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor: 471.13/9730/DUKCAPIL tentang Penatausahaan KTP Elektronik Rusak atau Invalid tertanggal 31 Mei 2018 bahwa KTP-el yang rusak atau invalid supaya dipotong bagian ujung kanan atasnya untuk menghindari penyalahgunaan KTP-el.

Menurut dia, penyebab KTP-el rusak atau invalid terdapat beberapa sebab yaitu, KTP-el rusak karena foto identitas nampak tidak jelas, samar, tidak sempurna, tulisan dalam KTP tercetak tidak jelas, penulisan dalam KTP salah. 

Sedangkan KTP-el invalid karena KTP dengan data lama karena update data dari pemegang KTP, sehingga KTP dengan kriteria tersebut harus dipotong ujung kanannya agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain itu juga disebabkan karena human error dari petugas, tetapi presentasenya kecil.

“Sejak November 2014 hingga Mei 2018, terdapat 13.383 keping KTP-el rusak atau invalid di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya”, imbuhnya.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya dengan seluruh kecamatan di Kota Surabaya mulai mempercepat pencetakan langsung KTP-el dan menambah jam pelayanan.

“Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya mengganti KTP-el ber-barcode yang rusak, invalid atau hilang dengan mencetak langsung KTP-el pemohon tanpa memberikan atau memperpanjang Surat Keterangan pengganti KTP-el”, kata Laily Susanti.

Laily Susanti menambahkan, Disdukcapil Kota Surabaya menggalakkan percepatan cetak langsung KTP-el, bagi pemegang Surat Keterangan pengganti KTP, pemohon baru maupun pemohon KTP-el rusak, invalid atau hilang. Disamping itu, pelayanan dibuka dari hari Senin hingga hari Sabtu serta tanggal 10 Juni dan 11 Juni 2018 menjelang ldul Fitri masih tetap melayani masyarakat dengan tujuan memperpanjang jam layanan. (NH)

Tags: