Bregada Rakyat DIY Ziarah ke TMP Kusumanegara



Sebarkan :


Views: 24

Yogyakarta- Ratusan Bregada Rakyat DIY berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Rabu (8/11/2017).

Ini adalah kali pertama ziarah yang dilakukan oleh Bregada di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta.

Ziarah diikuti oleh Bregada rakyat perwakilan dari Sleman, Kota Yogyakarta, Bantul, dan Kulon Progo.

Prosesi ziarah diawali dengan upacara singkat di halaman TMP Kusumanegara. Para bregada yang di antaranya terdiri dari Bregada Niti Manggala, Kalinyamat, Winata Manggala, Dandang Reksa, dan bregada unsur masyarakat berpakaian khas Jawa. Seluruh bregada lantas menuju ke areal makam Panglima Besar Jendral Sudirman yang terletak di tengah kompleks makam. Mereka kemudian berdoa bersama dan dilanjutkan tabur bunga.

Menurut Widihasto Wasana Putra, sang penggagas, ziarah ini sebagai praacara Festival Bregada Rakyat DIY ke-5 yang akan dilangsungkan pada Minggu, 26 November 2017 di Alun-alun Wates Kulonprogo.

Hasto menjelaskan selain menyambut Hari Pahlawan, ziarah ini ditujukan untuk mendoakan arwah para pahlawan kusuma bangsa, mengenang dan menghayati jasa para pahlawan sebagai suri tauladan generasi penerus bangsa. Tak terkecuali bagi kalangan bregada yang menggeluti seni keprajuritan, serta ajang silaturahmi para pegiat seni keprajuritan rakyat se-DIY agar tumbuh jiwa persatuan dan kesatuan guna memperkokoh keutuhan NKRI.

Di TMP Kusumanegara Yogyakarta sendiri bersemayam banyak pahlawan nasional di antaranya Panglima Besar Jenderal Soedirman, Letjen TNI Oerip Soemohardjo (pelopor terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat), Pahlawan Revolusi 1965 Brigjen TNI (Anumerta) Katamso Darmokusumo dan Kolonel (Anumerta) Soegiyono.

Tags: