BNNK Yogyakarta Kampanyekan Anti Narkoba Dengan Pertunjukan Kethoprak



Sebarkan :


Views: 172

Yogyakarta- Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Yogyakarta memiliki tanggung jawab untuk mendukung terwujudnya generasi penerus bangsa yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Dari data yang dimiliki, DIY menempati ranking pertama pemakai narkotika untuk kalangan pelajar dari SMP, SMA sampai perguruan tinggi.

Tahun 2014, penyalahguna narkotika di DIY berjumlah 62.028 orang, jumlah itu menurun di tahun 2015 yang mencapai 60.182 yang membuat DIY berada di urutan ke-8 untuk jumlah penyalahguna narkoba.

Namun demikian, survey dari Puslitdatin BNN Pusat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia (UI) tahun 2016 lalu menunjukkan bahwa DIY menempati peringkat pertama angka prevalensi pemakai narkoba kategori pelajar.

Dijumpai di kantor BNNK Yogyakarta yang beralamat di Jalan Balirejo no 21 Mujamuju, Yogyakarta, Kepala BNNK Yogyakarta AKBP Siti Alfiah mengatakan pihaknya akan terus menyebarluaskan informasi bahaya narkotika dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam hal penanggulangan narkoba.

Salah satunya adalah dengan menggelar kampanye stop narkoba dengan pendekatan budaya, yakni pagelaran seni kethoprak. Acara ini akan digelar di Plaza Monumen Serangan Oemoem 1 Maret pada Rabu (26/72017) besok.

"Dengan ini kami berharap semakin banyak elemen masyarakat Kota Yogyakarta yang tergerak untuk berperan serta secara aktif dalam menanggulangi bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba," jelas Siti.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Yogyakarta, Susilo, mengatakan dalam acara yang berlangsung pukul 19.00 hingga 21.00 malam ini, selain pagelaran kethoprak juga akan ada persembahan tari-tarian baik yang tradisi ataupun modern dance, adapula pertunjukan pantomim di sana. (HK)




Tags: