​Baru Kenal E-Tilang, Siswa SD Turun Ke Jalan Ingatkan Pengendara



Sebarkan :


Views: 21

Surabaya-Menggunakan topeng mulai dari mantan presiden, calon gubernur, wali kota hingga pembalap MotoGP, Valentino Rossi, Pedrosa, Marques, para siswa SD Muhammadiyah 6 Gadung turun ke jalan Manyar. Mereka terlihat membawa kertas-kertas bertuliskan himbauan tertib lalu lintas. Apalagi lokasi mereka merupakan lokasi uji coba e-tilang yang diterapkan pemerintah Kota Surabaya.

Bahkan berapa diantara mereka bahkan memajai baju daur ulang berbentuk kupu-kupu sebagai maskot. Fawas Fadilah (11), siswa kelas 6 mengungkapkan cukup senang bisa mengikuti kegiatan di luar kelas. Apalagi ia bisa ikut mengingatkan aturan lalu lintas di jalan, bukan hanya kepada orang tuanya.

“Senang sekali, bisa ramai-ramai sama teman di jalan. Soalnya katanya banyak yang nggak tahu kalau sekarang melanggar lalu lintas bisa dilihat di CCTV,”ungkap bocah yang memakai topeng Valentino Rossi ini ketika ditemui Selasa (7/11/2017).

Selain melakukan aksi di jalan,para siswa ini juga melakukan kunjungan belajar mengenal lebih dekat E-Tilang di SITS, Terminal Bratang.

Ida Susanti (45), mengantar anak keduanya merasa kegiatan di luar kelas. Menurutnya, dengan kegiatan ini anak-anak jadi lebih paham aturan yabg berlaku di masyarakat dan pemetintahan. “Nggak sekedar ikut-ikutan, tetapi juga paham dan mengerti. Kebetulan saja saya tadi masih di sekolah, sebenarnya sudah cukup didampingi guru,”ubgkap wali kelas 6 ini.

Basirun,guru SD Muhammadiyah 6 mengungkapkan peserta kegiatan ini sebanyak 240 siswa mulai dari siswa kelas 4 hingga kelas 6. Hal ini sebagai wujud kesadaran lalu lintas sejak dini. Mereka diajak menghimbau masyarakat lain untuk tertib lalu lintas apalagi saat ini sudah ada E-Tilang yang masih dalam tahap sosialisasi. “Ini masuk pelajaran tematik lingkungan dan keamanan dari kelas 4 sampai 6. Kelas 5 bisa tentang komunitas, komunitas ini macam-macam bisa lingkungan,manusia atau hewan,”ujarnya.

Setelah kunjungan ke SUTS dan aksi di jalan. Para siswa ini diajak ke taman flira ubtuk mebgebal lingkungan dan sholat berjamaah.

Tags: