Banjir Landa di Thailand, 15 Orang Tewas



Sebarkan :


Views: 14

Bangkok - Sejumlah 15 orang tewas dan sekitar satu juta orang telah terdampak banjir yang terjadi di selatan Thailand. Hujan lebat yang dimulai sejak akhir bulan lalu telah mengakibatkan banjir di delapan provinsi Thailand dan memengaruhi ratusan ribu rumah tangga, berdasarkan keterangan Departemen Pencegahan Bencana dan Mitigasi Thailand.

Sebanyak 15 orang dilaporkan tenggelam dan satu juta penduduk terdampak seperti rumahnya terendam atau rusak, gangguan untuk bekerja seperti pertanian, atau kesulitan mendapatkan transportasi karena jalan-jalan terendam banjir.

Wilayah yang terpengaruh termasuk provinsi-provinsi mayoritas Muslim yang sejak lama mengalami kekerasan antara pemerintah dan pemberontak yang menginginkan otonomi.

Dirjen Departemen Meteorologi Wanchai Sakudomchai mengatakan hujan akan terus memuncak sampai pertengahan Desember. “Tapi sebelum itu, hujan lebat diperkirakan sejak 6-8 Desember,” katanya.

Seperti negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Thailand setiap tahun mengalami banjir musiman dengan tingkat keparahan bervariasi. Pada Juli dan Agustus lalu, lebih dari 20 orang tewas di timur laut.


Sementara itu, direktur dari departemen yang sama, Chaiyapon Thitisak, melaporkan provinsi Songkhl dan Trang memperlihatkan pemandangan alam yang kritis, meskipun ada 10 provinsi yang terpengaruh.

Sejauh ini, sekitar 3.000 desa di 74 distrik telah rusak, sehingga tim-tim penyelamat terus melakukan operasi penyelamatan dan membagikan makanan, air minum, dan pakaian kepada orang-orang yang terpengaruh.

Sumber : Beritasatu.com 

Tags: