Atraksi Bregada Berikan Pemahaman Nama Prajurit Beserta Tugasnya



Sebarkan :


Views: 90

Yogyakarta- Dinas Pariwisata DIY menggelar Atraksi Wisata Gelar Bregada Prajurit Keraton di Alun-alun Selatan, Minggu (18/6/2017).

Ratusan prajurit Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang terbagi dalam 10 kelompok prajurit dikirab dari Kraton Ngayogyakarta ke arah selatan menuju pelataran Alun-alun kidul Yogyakarta

Mengenakan pakaian khas abdi dalem dan menenteng senjata masing-masing macam tombak dan senapan, para prajurit ini dengan kompak berjalan beriringan layaknya tentara Nasional.

Adapun kesepuluh prajurit Kraton ini diantaranya yakni bregada Wirabraja, Dhaeng, Patangpuluh, Jagakarya, Prawiratama, Nyutra, Ketanggung, Mantrijero, Bugis, dan Surakarsa.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta, menuturkan kegiatan bertajuk Atraksi Wisata Gelar Bregada Keprajuritan Kraton ini bertujuan untuk mengenalkan kepada publik akan nama-nama prajurit Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

“Masyarakat, terutama generasi yang sekarang, kecuali generasi mbah kita, banyak yang sudah tidak mengetahui macam-macam fungsi bregada. Lewat acara ini kita jadi tahu kalau bregada Mantrijero bertugas mengawal sultan dan bregada Surakarsa yang bertugas menjaga gerbang Nirbaya dan Jagabaya,” jelasnya.

Aris menyampaikan keberadaan prajurit Kraton ini mempunyai sejarah panjang, yang mana telah ada sejak masa lampau, tepatnya era Kerajaan Mataram islam yakni Kotagede dan Pleret yang menjadi bagian penting dalam menyusun strategi dan taktik pertahanan militer masa lalu.

Ia menambahkan Atraksi Wisata Gelar Bregada Prajurit Keraton merupakan acara yang istimewa. Acara ini sudah dilakukan sebanyak dua kali.

“Semoga tahun berikutnya bisa dipertahankan, bahkan dikembangkan. Harapannya Jogja Istimewa bisa diwujudkan dengan menjaga tradisi sehingga Jogja bisa menjadi destinasi wisata sepanjang tahun,” ujarnya. (TTN)

Tags: