Angin Puting Beliung Terjang Sejumlah Wilayah Di Yogyakarta



Sebarkan :


Views: 107

Yogyakarta- Angin puting beliung menerjang wilayah Kota Yogyakarta. Ini bersamaan dengan turunnya hujan deras, Selasa (24/4/2018).

Laporan BPBD DIY melalui akun twitternya @Pusdalops_diy peristiwa itu menimbulkan beberapa kerugian material di sejumlah tempat di Yogyakarta.Dampak hujan deras disertai angin kencang (Cuaca Ekstrim) di wilayah DIY, terjadi angin kencang sekitar jam 14.00 WIB.

Kejadian angin kencang ini berdampak di 3 titik di wilayah DIY.

Titik pertama di Sorowajan, Banguntapan, Bantul yang berdampak pada Rumah Rusak, Pohon Tumbang, kedai kopi rusak.

Titik kedua di Kampus STPMD APMD Bciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta yang berdampak pohon tumbang.

Titik ketiga di Gendeng Gondokusuman, Kota Yogyakarta RW 17 dan RW 18 yang berdampak pada atap rusak.

Di kompleks Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) Yogyakarta, angin puting beliung menumbangkan lima pohon. Akibatnya, kegiatan perkuliahan dihentikan sementara.

Tak hanya pohon tumbang, akibat angin puting beliung atap gedung perkuliahan di dalam kampus juga rusak. Sebab, atap gedung tersebut beterbangan akibat dihantam angin yang begitu kencang.

menurut Rektor STPMD APMD, Habib Muchsin menjelaskan pohon yang tumbang di kampusnya memang berukuran besar tetapi belum terlalu tua usianya. Pohon-pohon berjenis sawo kecik dan ketapang itu tumbang karena kencangnya angin yang menerjang.

"Belum tua usia pohonnya. Tapi anginnya tadi memang kencang sekali. Jadi ga kuat menahan angin," tutup Habib.

Sementara dari data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta bencana puting beliung menerjang kampus STPMD APMD di Banciro, Gondokusuman dan mengakibatkan satu dosen luka-luka dan dilarikan ke RS Bethesda.

Di kawasan perumahan Timoho Asri II terdapat pohon jati dan talok yang roboh dan menimpa kabel serta tiang telepon serta di Kampung Gendeng, Banciro sedikitnya 20 rumah atapnya berterbangan serta roboh akibat diterjang angin kencang.

Tags: