Aliansi Tolak Bandara Datangi PT AP I Adisutjipto



Sebarkan :


Views: 14

Yogyakarta- Massa dari solidaritas Aliansi Tolak Bandara menggeruduk kantor PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Massa berunjuk rasa mengecam tindakan paksa land clearing lahan calon lokasi pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo kemarin.

Massa aksi tiba di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB.

Di depan Kantor Angkasa Pura I para massa aksi bergantian orasi menyuarakan penolakan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA), Kulon Progo.

"Aksi ini respon kejadian kemarin (Selasa, 5/12) adanya tindakan represif oknum aparat terhadap teman-teman aktivis. 15 aktivis ditangkap tanpa alasan jelas, dituduh provokator, 3 orang di antaranya luka-luka akibat diinjak dan dipukuli," kata koordinator aksi, Fandi Atmajaya, di sela-sela aksi di Jalan Raya Solo, Yogyakarta, Rabu (6/12/2017).

Para massa aksi juga membawa spanduk-spanduk bernada penolakan bandara.

"Penggusuran paksa yang terjadi di Kulon Progo merupakan aksi represif yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dan Pancasila," ucap salah satu orator.

Aliansi Tolak Bandara menuntut pihak Angkasa Pura bertanggung jawab dan meminta kepolisian mengusut tuntas insiden kekerasan terhadap aktivis.

"Negara harus bertanggung jawab. Kita tuntut kejadian kemarin diusut tuntas, dari perobohan paksa bangunan warga yang menolak bandara hingga tindakan represif oknum aparat yang dilakukan tidak sesuai prosedur," imbuhnya.

Tags: