ACCS Ancang-ancang Kenalkan Kuliner Nusantara Go Internasional



Sebarkan :


Views: 44

Surabaya-itengah kesibukannya mengolah makanan, ratusan koki yang tergabung dalam Association Chinese Chef Surabaya (ACCS) akhirnya menggelar halal bihalal di Mahameru Restaurant, Jalan Diponegoro, Selasa malam (10/7/2018).

Ratusan koki yang telah menyebar di berbagai restoran dan hotel ini terlihat antusias hingga acara yang bertajuk 'Seduluran Sak Lawase' usai. Tak tanggung-tanggung, Anggota DPR RI Dapil Jawa Timur I, Adies Kadir turut menghadiri acara tahunan tersebut.

Bahkan, politisi dari Partai Golkar ini bersedia membantu ACCS bisa terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM untuk hak patennya.

"Kita memang bercita-cita ACCS bisa eksis bukan hanya di Surabaya, tapi juga di seluruh Indonesia. Dan kami juga akan membantu untuk mendaftarkan ACCS ke Menkumham agar bisa go internasional. Karena keinginan kami memang go nasional dan internasional," kata Adies Kadir.

Ia menyakini bahwa para koki di Indonesia, khususnya di Surabaya tidak kalah dengan koki dari luar negeri. Oleh sebab itu, pria pecinta kuliner ini juga meminta kepada seluruh koki untuk terus meningkatkan kapasitasnya di dunia perkokian.

"Karena ini juga untuk antisipasi adanya koki-koki dari asing, jadi harus bisa bersaing. Makanya sertifikasi itu perlu dan harus diikuti seluruh koki chef di Indonesia," tetangnya.

Sementara, Ketua ACCS, Tomadi mengatakan digelarnya halal bihalal kali ini guna untuk merekatkan kembali tali persaudaraan para koki-koki yang ada di Jawa Timur dan Surabaya.

"Tujuannya untuk mempererat dan mempersatukan anggota kuliner agar tidak terpecah-pecah. Jika ada kendala bisa diselesaikan bersama-sama," jelasnya.

Tomadi berharap dengan adanya pertemuan kali ini para pelaku kuliner bisa menyatu dan menyamakan persepsi bahkan menjadikan wadah yang positif bagi para koki. "Kami berpesan untuk para koki untuk tidak pelit ilmu membagikan resep masakannya. Berbagilah ilmu demi memajukan kuliner yang ada di Negara kita," pesannya.

Ia pun mengaku bersyukur atas dorongan yang diberikan Anggota DPR RI Adies Kadir untuk bisa bersaing di kancah dunia. Salah satunya dengan mendaftarkan hak patennya agar supaya para koki yang tergabung dalam ACCS mampu bersaing dengan koki luar negeri. "Kami bersyukur sekali, dan dalam waktu gebrakan akan kami tunjukkan demi ACCS," ungkapnya.

Halal bihalal kali ini juga turut dihadiri dari Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI), Indonesia Chef Association (ICA), Association Culinary Chef Together (ACCT), Indonesian Food Carving (IFC), Chef Indonesia Culinery (CIC) serta Disnaker Surabaya dan Diparta Surabaya. 

Tags: