8 Negara Ikuti Test Event Akuatik di Venue Baru



Sebarkan :


Views: 13

Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) siap menggelar test event (uji coba) "Road To Asian Games 2018" akuatik di venue baru Aquatic di Stadium, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Test event bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 itu akan digelar pada 5-15 Desember mendatang dan diikuti oleh 8 negara.

Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E Raharjo mengatakan ajang ini akan menggelar pertandingan untuk empat nomor akuatik, yakni renang, loncat indah, renang artistik, dan polo air.

"Kita senang akhirnya bisa mendapatkan izin dari pengelola GBK untuk menggunakan venue yang bagus ini," ujarnya di Aquatic Stadium, GBK Senayan Jakarta, Senin (4/12).

Kejuaraan ini akan diikuti hampir 2.000 peserta, menjadikan kejuaraan ini sebagai kejuaraan akuatik terbesar yang pernah dihelat di Indonesia.

Semua cabang olahraga akuatik yang dipertandingkan dibedakan menjadi beberapa kelompok umur (KU), mulai dari senior (18 tahun ke atas), KU-1 (16-18 tahun), KU-2 (14-15 tahun), KU-3 (12-13 tahun), KU-4 (11 tahun ke bawah), dan kelompok elite open (tidak ada batasan umur dan hanya untuk grand final).

"Kejuaraan ini merupakan kejuraan kelompok umur. Jadi, nanti akan sangat banyak pesertanya. Peserta untuk renang sendiri (berjumlah) 1.106 (orang) sampai hari ini. Untuk masters itu sampai 500 orang. Untuk loncat indah sekitar 90 peserta, renang artistic 61, dan kemudian polo air 150 orang. Total hampir 2.000 peserta, ini jadi event akuatik terbesar yng pernah terselenggara di Indonesia," tambah Harlin.

Menurut dia test event ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, sebagai ajang seleksi pembentukan tim pelatnas untuk Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

"Kemudian yang kedua adalah test event ini juga merupakan test event untuk melatih panitia pelaksana untuk Asian Games . Panitia yang juga akan menjalankan pertandingan di Asian Games," tutur Harlin.

Yang ketiga adalah untuk percobaan venue Aquatic Stadium yang nantinya akan dijadikan tempat untuk menggelar Asian Games 2018.

Tags:

#indonesia #olahraga