​Surabaya Peringkat 2 Kota Berkinerja Terbaik dari 10 Kota Nominasi



Sebarkan :


Views: 194

Surabaya-Peringatan Hari Otonomi Daerah XXI digelar sebagai evaluasi dan apresiasi kinerja pemerintah daerah. Tahun ini peringatan Hari Otonomi Daerah mengusung tema dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui e-Government. Bertempat di halaman alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Selasa (25/4/2017) kota Surabaya mendapat penghargaan sebagai salah satu dari 10 kota berkinerja terbaik/tertinggi secara nasional.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wiranto, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Sukarwo, Gubernur Jawa Timur dan pejabat lainnya.

Wiranto, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia dalam sambutannya mengatakan, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah. Menurutnya, kesejahteraan masyarakat diwujudkan dengan kinerja pemerintah daerah. Salah satu poin otonomi daerah menurutnya dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pemerataan pembangunan yang difokuskan kepada masyarakat miskin. Wiranto menambahkan, peringatan hari Otonomi Daerah menjadi evaluasi bagi penyelenggaraan otonomi daerah.

Sedangkan Sumarsono, Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dalam laporannya mengatakan, tujuan diselenggarakan event tersebut sebagai momentum untuk mengevaluasi kinerja pemerintah daerah.

Sumarsono menambahkan, tema penyelenggaraan peringatan hari Otonomi Daerah memiliki empat makna pokok. Pertama, pelaksanaan otda harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat. Kedua, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik yang harus berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau electronic government. Ketiga, ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis electronic government membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur pemerintah daerah (pemda). Keempat, peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis electronic government bakal dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan aparatur pemerintah daerah yang bersih.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyematan atas Samkarya Nugraha Parasamya Purna karya Nugraha dan penyematan lencana karya Bhakti Praja Nugraha. Sementara itu kota Surabaya menempati urutan kedua dari 10 kota berkinerja terbaik secara nasional dengan skor 3,3732.

Tags: