2 Negara Pastikan Ikuti Test Event Basket



Sebarkan :


Views: 93

Jakarta - Manajer arena cabang olahraga bola basket Asian Games 2018 Riska Natalia Dewi menyebut sudah ada dua negara yang memastikan diri mengikuti turnamen uji coba atau test event bola basket Asian Games 2018.

"Sampai hari ini sudah ada dua negara yang terdaftar secara daring di Komite Olimpiade Indonesia yaitu Thailand dan Timor Leste. Kami masih menunggu kepastian dari India," ujar Riska kepada Antara di Jakarta, Selasa (23/1).

Perempuan yang biasa disapa Baby ini melanjutkan, pihaknya masih terus mengusahakan agar India bisa berpartisipasi di test event bola basket yang rencananya digelar pada 8-12 Februari 2018 di Istora Senayan, Jakarta.

Sebab, federasi bola basket India sebenarnya secara resmi sudah menyatakan akan ikut test event Asian Games 2018 kepada Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).

Namun, agar bisa mengikuti test event, seluruh cabang olahraga harus mendaftarkan diri melalui komite olimpiade (NOC) masing-masing negara ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI) selaku NOC di Indonesia, bukan dari federasi.

"Kami berharap India bisa mengirimkan datanya melalui NOC setempat pada hari ini karena besok, Rabu (24/1), daftar peserta harus sudah pasti dan dilaporkan kepada INASGOC," kata Riska.

Adapun kepastian dari India diperlukan karena Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 Inasgoc menegaskan test event untuk olahraga permainan seperti bola basket minimal harus diikuti empat negara termasuk Indonesia.

"Kalau nantinya hanya ada tiga negara peserta termasuk Indonesia, kami belum tahu kelanjutannya bagaimana. Itu keputusan Inasgoc," tutur Riska.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Deputi I Bidang Sport and Games Operation Inasgoc Harry Warganegara juga belum bisa memutuskan bagaimana kelanjutan test event bola basket jika hanya diikuti tiga negara.

"Kami harus berkoordinasi dengan pimpinan. Besok kami putuskan," tutur Harry.

Test event Asian Games 2018 diadakan dalam rentang waktu 10-24 Februari 2018 dengan rencana awal mempertandingkan sembilan cabang olahraga yaitu panahan, atletik, angkat besi, bola basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo dan bola voli indoor.

Namun dari sembilan cabang olahraga tersebut, sepak bola dipastikan batal ditandingkan karena tidak ada peserta. Sebagai gantinya, Inasgoc mempersilakan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengadakan turnamen mandiri yang diproyeksikan berlangsung pada Juni atau Juli 2018 untuk mencoba arena Asian Games 2018.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags: