2 Menteri Kabinet Kerja Terima Penghargaan Herman Johannes Award



Sebarkan :


Views: 74

Sleman- Rapat Terbuka Senat Fakultas Teknik UGM yang digelar di Balai Senat UGM, Selasa (20/2/2018), juga sekaligus menyerahkan penghargaan Herman Johannes Award dari UGM.

Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM (KATGAMA), Agus Prijanto dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat bersyukur berkesempatan memberikan Herman Johannes Award 2018.

Perlu diketahui, pada 2003, nama Herman Johannes diabadikan oleh Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (KATGAMA), atas prakarsa Ketua Katgama saat itu, Airlangga Hartarto, menjadi sebuah penghargaan bagi karya utama penelitian bidang ilmu dan teknologi.

Penghargaan itu diserahkan kepada dua menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Moch Basuki Hadimoeljono meraih Herman Johannes Award dari Fakultas Teknik UGM. Susi mendapatkan penghargaan dalam bidang Kelautan dan Basuki dalam sektor Infrastruktur.

Bersama keduanya, sejumlah tokoh nasional lain seperti Hardjoso Prodjopangarso (alm), Soebroto dan Hartato Sastrosoenarto (alm) juga mendapatkan penghargaan di bidang Teknologi Pengairan, Energi dan Industri. Penghargaan yang diberikan dalam peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik di UGM, Selasa (20/02/2018) tersebut diberikan bagi orang-orang yang dinilai berperan besar dalam pengembangan ilmu dan teknologi.

Susi dalam orasi ilmiah mengungkap award tersebut merupakan sebuah penyemangat bekerja bagi dia paling tidak dalam 1,5 tahun kedepan di sisa jabatan sebagai menteri. Pasalnya, menurut Susi Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah dalam bidang kelautan termasuk di dalamnya perikanan.

“Saya mengingatkan peraturan sudah dibuat dan kewajiban kita semua untuk menjaga laut kita agar ikan tak lagi diambil orang lain. Saya heran menenggelamkan kapal masih ditanya perasaan orang yang punya kapal, saya bilang bodo amat saya tidak kenal. Mengapa tak dipikirkan nasib orang Indonesia di pulau yang ikannya habis diambil orang, logika seperti ini yang harus disingkirkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Basuki mengatakan, penghargaan tersebut merupakan sesuatu yang begitu luar biasa bagi dirinya.

"Sungguh menjadi tersanjung untuk menerima penghargaan ini, khususnya untuk saya pribadi. Dalam pengabdian saya di dunia, hanya dua hal yang selalu saya ingat, yaitu almamater saya, dan keluarga saya" ujar Menteri Basuki.

Basuki juga memohon kesediaan untuk selalu mendukung dan memberikan doanya di setiap tugas yang ia jalani.

Tags: